Sukses

Celeb

6 Simbol Budaya Indonesia yang Masuk Hollywood dan Drama Korea

Bintang.com, Jakarta Kekayaan budaya Indonesia sudah diakui dunia. Para sineas dunia terinspirasi untuk mengadaptasi pada karya-karya seni peran gubahannya. Mulai dari sineas Korea, Bollywood hingga Hollywood.

Banyak sineas yang menampilkan budaya Indonesia secara langsung maupun tidak langsung. Bagaimanapun penampakannya, melihat simbol budaya Indonesia di karya orang luar negeri jelas membuat bangga.

 

Baru-baru ini serial Star Trek: Discovery juga menampilkan wayang kulit sebagai hiasan dinding di salah satu adegan. Tokoh Gatit Kaca itu tidak diberi penjelasan secara detail hanya dimunculkan saja sekilas.

Meskipun cuma sekilas tentu kita merasa bangga ketika budaya kita diapresiasi oleh orang lain. Simak yuk 6 simbol budaya Indonesia yang masuk Hollywood dan Kdrama:

1. Wayang Kulit

Ada wayang kulit dalam serial televisi Star Trek: Discovery episode terbaru yang tayang pada akhir pekan lalu. Dalam salah satu adegannya, Kapten Georgiou (Michelle Yeoh) sedang berada di ruangannya. Namun, setelah diamati, ada benda yang orang Jawa sangat kenal: wayang kulit.

2 dari 6 halaman

2. Candi Prambanan

Film The Philosophers melakukan proses syuting di beberapa titik di Indonesia. Selain Jakarta, film yang juga dibintangi oleh Cinta Laura ini mengambil gambar di Candi Prambanan, Bromo dan juga Belitung.

3 dari 6 halaman

3. Nasi Goreng

 

A post shared by @mysecretromance_drama on

Yang istimewa bagi penggemar drama Korea di Indonesia, makanan favorit Indonesia dimunculkan di episode 5 drama My Secret Romance yang dibintangi Sung Hoon. Dalam drama tersebut dijelaskan nasi goreng adalah makanan khas dari Indonesia.

4 dari 6 halaman

4. Tari Kecak

Setidaknya, ada dua adegan dalam film The Fall besutan Tarsem Singh yang menandakan syuting di Bali. Pertama, panorama sawah Tegelalang, Ubud dan yang kedua tarian kecak di depan Candi Gunung Kawi. Film The Fall bercerita tentang cinta dan balas dendam.

5 dari 6 halaman

5. Sembahyang di Pura

Di Bali, sembahyang menjadi bagian dari agama dan budaya. Dalam film Eat Pray Love, sembahyang ditampilkan dengan manis dan memberika efek kedamaian bagi yang nonton.

6 dari 6 halaman

6. Batik

 

Sesuai dengan judulnya, drama What Happened in Bali mengusung teman Bali. Batik dikenakan para pemainnya sebagai selendang ketika mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali.

Nah, kalau sineas Hollywood dan Kdrama saja mencintai budaya Indonesia, masa kamu nggak mencintai budaya Indonesia? Yuk cintai budaya Indonesia.

Kredit

  • Puput Puji Lestari
    Author
    Puput Puji Lestari