Sukses

Celeb

Kisah Perjuangan Artis Indonesia, Yannie Kim Menembus Drama Korea

Bintang.com, Jakarta Minggu lalu, Yannie Kim kembali membuat heboh penggemar drama Korea di Indonesia karena tampil di drama Hospital Ship episdoe 7 dan 8. Setelah akting dengan Joo Won dan Kim Ta Hee di drama Yong Pal, kali ini Yannie beradu akting dengan Minhyuk CNBLUE dan Ha Jiwon.

Setiap lawan main memiliki kenangan tersendiri baginya. "Aku terkesan banget sama Jo Woon. Kan ada adegan aku digendong Jo Woon, sebelum gendong sudah diajak ngobrol. Nanti angle-nya bagaimana biar wajahku juga terlihat di kamera," katanya saat dihubungi Selasa (27/9).

Saat digendong, Yannie merasa sungkan karena takut berat. "Dia bilangnya keberatan tapi tetap harus digendong sesuai adegan. Yang manis, karena aku nggak pakai sendal, pas di gendong nggak mau turunin sampai sendal diambilin. Sama emak-emak saja manis banget apalagi sama pacarnya coba," kata Yannie.

Yannie mengisahkan, dia tak sengaja ikut drama Joo Won. Profilnya di drama lokal dan progam dokumenter menarik tim casting drama Yong Pal. "Aku nggak sengaja ikutan di drama ini. Pas kebetulan pihak casting telepon aku. Nggak ditawarin casting, tapi langsung ikut. Mereka sudah lihat video casting aku sebelumnya," katanya. Perjalanan karir Yannie Kim menembus drama Korea cukup berliku. Bahkan keberangkatannya ke Korea juga sempat ditentang orangtua. "Dulu tahun 2000 kerja di perusahaan Korea di Cikarang. Korea belum booming, 9 orang kepilih belajar ketrampilan mebuat layar notebok salah satunya aku. Aku mau berangkat ke Korea tapi nggak dikasih izin orangtua," ujar Yannie saat dihubungi Selasa (26/9).

Karena belum menikah, diperlukan izin orangtua untuk pembuatan visa. Yannie nekad memalsukan tanda tangan ibunya saat itu. "Meskipun ibu kuatir aku berangkat dengan menandatangani orangtua untuk buat visa. Seminggu sebelum berangkat baru kasih tahu ibu," kenangnya.

2 dari 4 halaman

Modal Nekad

Rasa nekad untuk tetap berangkat itulah yang menngubah takdir hidupnya. "Dari situ berangkat dan ketemu sama calon suami. 2005 aku datang ke Korea untuk nikah sampai sekarang di Korea," katanya.

Awalnya, Yannie Kim bekerja seperti ibu rumah tangga pada umumnya. Bahkan tak pernah membayangkan untuk berakting di drama Korea. Namun, jalan hidupnya berubah ketika Korea memiliki aturan baru untuk pernikahan campuran.

"Sebenarnya nggak pernah ngebayangin untuk akting, jangankan di Korea, di Indonesia juga nggak berani mimpi akting di drama. Aku jadi ibu-ibu dan kerja aja awalnya," kenang Yannie.

Tahun 2009, Presiden Korea membuat kebijakan khusus untuk pernikahan multikultur. "Kalau nggak salah adak kebijakan khusus untuk multikultur. Dipromosiin sama pemerintah. Ibu-ibu yang nikah campur dikasih sarana belajar bahasa Korea. Dari situ ada dokumentari kehidupan ibu-ibu nikah campur. Aku ikut tampil," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Dokumenter

Dari proyek dokumentari itulah Yannie Kim mulai dikenal oleh sineas Korea. "Akhirnya ada tawaran masuk untuk broadcasting, iklan, terus drama," jelasnya.

Sebelum tampil di drama Yong Pal dan Hospital Ship, Yannie Kim sudah membintangi drama keluarga yang tampil di stasiun TV lokal. Temanya juga tak jauh dari kisah pernikahan beda negara.

"Sebenarnya dari 2010 aku sudah masuk akting. Sudah ada 8 judul drama keluarga yang tayang khusus di Korea. Baru pas akting sama Joo Won di Yong Pal itu bikin penggemar drama Korea di Indonesia jadi heboh," katanya. 

4 dari 4 halaman

Serius Akting

Sekarang, karir Yannie Kim lebih mantap di drama Korea. "Aku pindah Seoul sekarang dan gabung ke manajemen. Jadi lebih mudah mengatur jadwal casting dan syuting," paparnya.

Di drama Hospital Ship, Yannie mengaku ikut casting dengan serius. "Manajemen memberi kabar aku ada drama yang butuh pemeran dari beda negara. Belum dikasih tahu mainnya sama siapa waktu casting. Pas diumumkan diterima, baru tahu kalau main bareng Han Jiwon dan Minhyuk CNBLUE," jelasnya.

[Bintang] Hospital Ship

Lalu bagaimana kesannya main bareng Minhyuk CNBLUE du drama Hospital Ship? "Minhyuk aku terkesan banget ketika minta tanda tangan untuk anakku. Dia bilang ok, tapi nanti usai kerja. Dia ajak bikin janji kelingking. Senang banget," kata Yannie Kim.

Kredit

  • Puput Puji Lestari
    Author
    Puput Puji Lestari