Sukses

Celeb

7 Aktor Indonesia yang Pernah Memerankan Bung Karno

Bintang.com, Jakarta Suatu kebanggaan ketika seorang aktor dapat melakoni peran sebagai tokoh negara. Apalagi kalau ia adalah proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. yaitu Soekarno atau yang lebih akrab disebut Bung Karno. Bung Karno termasuk tokoh pahlawan yang beberapa kali ditampilkan di layar lebar maupun layar kaca.

Karakter Bung Karno yang begitu kuat dan karismatik membuatnya sangat menarik untuk diangkat ke dalam sebuah karya seni, terutama lewat media film. Bahkan tak hanya di film-film Indonesia, beberapa film luar negeri pun pernah menampilkan karakter Bung Karno.

Meski begitu, bukan hal mudah untuk memerankan sosok Bung Karno. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan untuk memilih pemeran Soekarno. Selain kemampuan akting atau ada persamaan fisik, terkadang ijin dari pihak keluarga Soekarno juga masuk dalam pertimbangan. Namun ada juga aktor yang tak mendapat persetujuan dari keluarga, tapi tetap didapuk sebagai pemeran Bung Karno.

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke71, Bintang.com menampilkan sejumlah aktor Indonesia yang pernah berperan sebagai Bung Karno. Ada yang memerankannya lebih dari satu kali, ada yang tak mendapat restu dari anggota keluarga Bung Karno dan ada juga yang punya hubungan keluarga dengan beliau. Siapa saja mereka?

1. Umar Kayam

Aktor Umar Kayam sudah dua kali tampil sebagai Soekarno. Pertama pada film Pengkhianatan G 30 S/PKI yang rilis tahun 1984, selanjutnya pada film Djakarta 1966. Keterlibatan Umar di dua film ini dibawah arahan sutradara Arifin C. Noer.

Meski secara fisik tidak terlalu mirip dan tak punya pengalaman akting mumpuni, budayawan dan sastrawan yang meninggal dunia pada tahun 2002 ini bisa membawakan peran Soekarno dengan cukup baik.

Umar Kayam. Foto: via blog.digishelf.co.id

2. Baim Wong

Memerankan tokoh Proklamator Indonesia tentu jadi kebanggan bagi Baim Wong. Apalagi tak hanya sekali, tapi dua kali. Aktor berusia 35 tahun ini pertama kali berperan sebagai Soekarno di film ‘Ketika Bung di Ende’ (2013) yang hanya ditayangkan di TVRI.

Film tersebut menceritakan kehidupan Bung Karno saat diasingkan di Ende pada 1934. Baim kemudian memerankan Bung Karno lagi di film Jenderal Soedirman (2015) yang dibintangi Adipati Dolken. Di film kedua ini, karakter Bung Karno bukan sebagai pemeran pendukung. 

Baim Wong memerankan Soekarno dalam film Jenderal Soedirman

3. Soultan Saladin

Aktor kawakan Soultan Saladin pun pernah berkesempatan tampil sebagai Soekarno di film Gie (2005). Kemampuan akting Soultan semakin teruji dalam film arahan Riri Riza itu. Pasalnya aktor berusia 65 tahun ini diharuskan beradu akting dengan para bintang muda berbakat seperti Nicholas Saputra, Wulan Guritno dan Lukman Sardi.

Soultan Saladin. Foto: via hendysangjuragan.wordpress.com

4. Imam Wibowo

Tokoh Soekarno juga tampil di film drama epik sejarah, Soegija yang dibesut Garin Nugroho. Aktor yang berkesempatan memerankan Soekarno yaitu Imam Wibowo. Film ini mengisahkan tentang tokoh pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Ternyata tak hanya di Soegija, Imam juga berperan sebagai Soekarno di film Ruma Maida dan Sang Kiai. 

Imam Wibowo. Foto: via hendysangjuragan.wordpress.com

5. Ario Bayu

Setelah tampil sekilas di beberapa film, Soekarno kemudian 'bersolo karir'. Aktor Ario Bayu terpilih untuk melakoni peran sebagai proklamtor kemedekaan tersebut. Namun sayang, akting Ario justru menuai kritikan. Bahkan nama Anjasmara muncul sebagai saingan yang disebut-sebut lebih cocok untuk berperan sebagai Soekarno.

Film Soekarno. Foto: Tumblr

6. Tio Pakusadewo

Aktor senior Tio Pakusadewo jadi satu-satunya pemeran Bung Karno yang belum kita lihat aktingnya, setidaknya sampai hari ini, 16 Agustus 2016. Tio akan bermain dalam film Pantja Sila: Cita-Cita & Realita, berperan sebagai sang tokoh proklamator, Ir Soekarno. Dalam film berdurasi sekitar 78 menit, hanya akan diisi dengan akting Tio berpidato dengan gaya orasi sang Founding Father.

Baginya, ada sebuah kebanggaan serta beban berat yang ia perankan menjadi Bung Karno. "Untuk film ini, saya latihan paling lama, pengerjaan yang paling sulit. Sampai 3 bulan lamanya, bahkan sampai meditasi gitu di Singapura. Bangga tentu sangat bangga. Tapi bebannya menjadi Bung Karno adalah enggak boleh sembarangan, gak boleh menyimpang dari figur tersebut," ucap Tio Pakusadewo

Di film 'Pantja Sila: Cita-Cita & Realita', Tio Pakusadewo dan Tino Saroenggalo bertindak sebagai produser, sutradara dan aktor. Film ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 17 Agustus 2016 besok, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia ke-71.

Tio Pakusadewo sebagai Bung Karno. foto: soekarno.org

7. Anjasmara

Beda dengan pemeran Soekarno lainnya, Anjasmara punya hubungan cukup dekat dengan keluarga Bung Karno. Pria yang akrab disapa Anjas ini adalah anak tiri Rachmawati Soekarnoputri, salah seorang putri dari Bung Karno. Anjas pun termasuk aktor yang paling sering memerankan Bung Karno.

Setidaknya tiga kali suami dari Dian Nitami ini membawakan peran Bung Karno. Yang pertama, di sebuah FTV yang disutradarai Garin Nugroho dan ikut dibintangi David Chalik sebagai pemeran Bung Hatta. Yang kedua, Anjas tampil dalam sebuah pertunjukkan wayang di tahun 2011 sebagai Bung Karno.

Setahun kemudian, Anjas kembali berperan sebagai Bung Karno di panggung teater. Pergelaran yang memadukan seni drama, tari dan musik itu digagas dan diproduseri oleh Rachmawati Soekarnoputri. Mungkin karena itu, Rachmawati memprotes keputusan Hanung Bramantyo yang memilih Ario Bayu untuk memerankan ayahnya di film Soekarno (2013), bukan memilih Anjasmara.

Anjasmara sebagai Bung Karno. foto: twitter

Nah, itu dia enam aktor yang pernah berperan sebagai Soekarno. Jasa Soekarno untuk kemerdekaan Indonesia memang sangat besar. Sudah sepantasnya, kita meneruskan semangat juang Soekarno atau Bung Karno.

 

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Henry Hens
    Author
    Henry Hens