Sukses

Celeb

Eksklusif Indah Kusuma, Emban Misi Mulia dalam Karier Bernyanyi

Bintang.com, Jakarta Selebritis yang satu ini mungkin memiliki wajah yang lebih familiar ketimbang namanya sendiri. Indah Kusuma, seorang mahasiswi kedokteran yang merangkap sebagai entertainer ini lebih dulu ngetop di social media. Wajahnya mulai banyak dikenal sebagai Youtuber cantik bersuara merdu.

******

Namun nyatanya Indah Kusuma lebih dari itu. Siapa sangka, wanita imut ini merupakan finalis Miss Indonesia 2014, yang bukan kebetulan juga tengah menempuh pendidikan di jurusan kedokteran.

Di ajang Miss Indonesia, Indah sebagai wakil provinsi Sulawesi Tengah mampu bertahan hingga babak 15 besar. Meski tak berhasil meraih mahkota utama, dari situ ia mulai yakin dengan apa yang ingin ia jalani ke depannya.

Eksklusif Indah Kusuma (Lokasi: JW Cafe Jatiwaringin, Fotografer: Galih W Satria, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Dunia entertainment memang sudah menjadi incaran gadis kelahiran Padang, Sumatera Barat ini. Gemar bernyanyi dan beraksi di depan kamera, bakat itu makin terlihat seiring bertambahnya usia Indah.

"Sebenernya sih suka dunia entertainment ini udah lama banget. Kaya dari TK gitu udah sering ikut lomba nyanyi, lomba modelling juga. Seriusnya sih waktu SMA, jadi double gitu, sekolah sambil syuting dan nyanyi juga, modelling juga. Jadi udah terbiasa dengan jadwal yang sepadat itu," kata Indah Kusuma.

Eksklusif Indah Kusuma (Lokasi: JW Cafe Jatiwaringin, Fotografer: Galih W Satria, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Sejak awal, Indah Kusuma sudah mendapat wejangan dari keluarganya, bahwa pendidikan tetap jadi prioritas. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengambil studi di ilmu kedokteran yang tentunya menyita waktu. Sementara itu ia juga mencintai dunia entertainment yang sama-sama menguras tenaga dan detik demi detiknya.

Namun semua itu coba dijalani dengan senang hati oleh pemeran Amanda di serial drama musikal Stereo ini. Dengan latar belakang pendidikannya, Indah ingin menyisipkan misi mulia dalam karier bermusik yang ia tempuh sekarang. Simak penuturan Indah Kusuma kepada Nizar Zulmi dan Hasan Mukti Iskandar dalam sesi wawancara eksklusif yang dilangsungkan di JW Cafe Jatiwaringin , Bekasi berikut.

2 dari 3 halaman

Media Sosial Melejitkan Nama Indah Kusuma

Di era yang serba digital ini peluang untuk menunjukkan bakat dan dilihat banyak orang menjadi semakin terbuka. Hal itu juga dialami oleh Indah Kusuma yang melejit lewat jejaring sosial. 

Berawal dari iseng-iseng mengcover lagu, kini keisengan tersebut berbuah manis. Kemunculannya di YouTube sukses memikat ribuan orang hingga mencari tahu siapa itu Indah Kusuma. 

Mungkin banyak yang mengenal Indah Kusuma lewat cover YouTube itu, awalnya bagaimana?

Sebenernya teman-teman, video YouTube yang beberapa tahun lalu itu udah lama banget. Dan itu sebenernya adalah keisengan semata. Jadi bener-bener nggak ada niatan buat 'oh aku mau nyanyi terus direkam', latihan seminggu gitu enggak. Itu bener-bener kaya sekali nyanyi, trus yaudah iseng, aku masukin ke sana dan alhamdulillah, nggak nyangka banyak respon yang bagus

Eksklusif Indah Kusuma (Lokasi: JW Cafe Jatiwaringin, Fotografer: Galih W Satria, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Ada rencana buat melanjutkan upload video-video cover lagi?

Balik lagi karena waktu itu (bikinnya) sebelum masuk kuliah, dan waktu masuk kuliah.....dengan jadwal yang sangat-sangat padat banget kan yaudah akhirnya aku nggak bisa nerusin buat video. Recently, yang aku masukin kaya aku tampil di mana, kan ada yang bantuin nge-record juga, jadi nggak aku sendiri, karena ya nggak ada waktu

Sekarang sudah punya single sendiri?

Jadi itu sebenernya udah setahun yang lalu, dan kenapa pilih lagu 'Inikah Cinta' karena aku pikir aku masih baru juga jadi mungkin ada satu waktu di mana aku harus perkenalan dulu nih sama orang-orang. Gimana sih caranya aku ngenalin diri sendiri ke orang-orang, yaudah kita cari lagu yang semua orang tahu, hapal, dan nggak mungkin juga kayanya kalau aku nyanyi orang nggak nyanyi juga. Jadi aku dan timku recycle lagunya M.E, dan itu jadi single pertama.

Ada kendala saat mencoba beda dari versi asli lagu Inikah Cinta?

Alhamdulillah sih nggak, rekamannya juga sehari doang sih. Ya karena itu, mungkin karena aku udah hapal kali ya, dan semua orang juga hapal kayanya. Jadi oke, diubahnya kaya gini, trus udah deh. 

Eksklusif Indah Kusuma (Lokasi: JW Cafe Jatiwaringin, Fotografer: Galih W Satria, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Ngomong-ngomong, Indah hobi menulis lagu juga?

Alhamdulillah sebenernya aku dari SMA mungkin ya, dan sampai sekarang aku udah punya dua lagu yang aku bikin sendiri, tapi memang belum dikeluarkan. 

Tentang apa lagunya, dari pengalaman pribadi?

Rata-rata dari personal sih, karena menurut aku music is a language. Jadi menurut aku balik lagi musik adalah sarana dari sini (pikiran) keluar. Ya orang-orang tanpa aku bilang 'aku kaya gini lho, guys' tapi ketika mereka denger musik aku 'oh iya, ngerti kalau Indah tuh sedang merasakan ini, itu. Gitu sih yang aku inginkan. 

Ada keinginan untuk kolaborasi dengan salah satu cast Stereo dalam karya, Dikta mungkin?

Kalo soal itu sih, mungkin yah. Sebenernya kita udah sempet ngobrol, tapi belum pernah ngobrol ke arah serius. Ya mungkin suatu saat kita akan kolaborasi di luar Stereo mungkin ya. Kita lihat aja. Kalo aku sih pengennya duet sama Barsena.

3 dari 3 halaman

Indah Kusuma, Antara Penyanyi dan Dokter

Bergelut di dunia entertainment sejak usia muda, Indah Kusuma tertarik dengan banyak hal. Tak hanya menyanyi, ia juga melakoni berbagai kegiatan seperti akting dan modelling. Namun baginya menyanyi jadi passion terbesarnya di dunia hiburan.

Terkait dengan pendidikannya, Indah Kusuma juga menegaskan punya sebuah misi besar untuk menyeimbangkan karier dan pendidikannya. Hal ini yang ingin ia capai dalam perjalanannya ke depan.

Antara nyanyi, akting dan modelling, passion terbesar Indah di mana?

Sebenernya kalo aku sendiri sih lebih suka nyanyi. Karena cara aku buat releasing stress ya di situ. Dan aku suka aja sih, even though sampai saat ini aku nggak mau bilang diri aku penyanyi, artis dan sebagainya. Aku masih mikir aku masih belajar kok sampai sekarang. Dari nyanyi aku masih harus banyak latihan, akting juga, modelling juga masih. Jadi semuanya aku maksimalin, tapi tetep belajar juga. 

Eksklusif Indah Kusuma (Lokasi: JW Cafe Jatiwaringin, Fotografer: Galih W Satria, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Dengan padatnya jadwal antara karier dan pendidikan, rencana ke depan seperti apa?

Kalo aku balik lagi ke rencana awal. Aku pengen lulus dulu, karena yang aku sadari sampai saat ini bahwa ternyata meskipun aku bisa membagi waktu antara pendidikanku dan entertainmentku, tapi ada satu waktu ketika aku tahu dan sadar, nggak bisa. Ini harus ada satu yang yang aku fokusin. Karena kalau dua-duanya aku jalanin, bentrok kebagi dua dan nggak maksimal dua-duanya. Ini lagi penelitian sih, April wisuda, amiin doain aja. Jadi mungkin setelah lulus ini aku Insya Allah akan melanjutkan single. 

Strategi untuk single kedua?

Aku pengennya single berikutnya ini bener-bener mateng dari segi konsep segala macem. Skill suaraku juga harus dilatih lagi supaya lebih mateng lagi, dan fokus. Apalagi kalau single kan ada promo-promo segala macem. Nah kemarin itu bentrok karena jadwal kuliahku yang akhirnya promonya tidak sesuai jadwal. Insya Allah next bener-bener aku harus fokus sama single dan segala proses di belakang single itu sih, doain ya temen-temen.

Untuk persiapannya udah ada stok untuk single berikutnya atau bagaimana?

Kalo single sih, sebenernya aku udah punya beberapa lagu yang aku compose sendiri juga. Tapi belum ada keputusan apakah single kedua ini akan ngambil dari yang aku compose itu atau bikin lagi baru dengan composer baru. Belum tahu sih, masih rahasia. Biar penasaran hehehe

Eksklusif Indah Kusuma (Lokasi: JW Cafe Jatiwaringin, Fotografer: Galih W Satria, Digital Imaging: Denti Ebtaviani/Bintang.com)

Lalu bagaimana cara kamu untuk merelasikan pendidikan dan karier di dunia entertainment?

Mungkin karena kuliahku kuliah kedokteran juga, jadi aku tuh pengen orang tahu kalo ternyata aku itu nggak cuma bisa menghibur temen-temen semua. Mungkin dari cara menghibur itulah yang sebenernya aku memperkenalkan 'ini lho, hidup sehat itu kaya begini begini...'. Dan aku sama temen-temenku di sini pun mereka sering nanya beberapa hal tentang medis dan alhamdulillah nyampe ke mereka dan banyak juga yang mereka terapkan di sehari-hari. Mungkin hal sepele kaya telat makan dan sebagainya, banyak orang menyepelekan itu padahal itu penting, gitu sih. Seenggaknya tujuan aku entertainment jadi satu sarana buat aku untuk masuk dan memperkenalkan kesehatan di Indonesia, sekaligus memperbaiki status kesehatan Indonesia.

Bergelut di dua dunia memang tak bisa dibilang mudah. Indah Kusuma kini mengejar cita-citanya dan orangtua untuk menjadi seorang dokter. Sementara itu dunia hiburan juga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keinginannya menyehatkan Indonesia, Indah Kusuma akan menularkan prinsip hidup sehat sebagai public figure, yang juga menjadi sarana baginya mencurahkan bakat dan ekspresinya yang luar biasa.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Nizar Zulmi
    Author
    Nizar Zulmi