Sukses

Beauty

Urutan Pemakaian Skin Care Untuk Wajah Berjerawat

Bintang.com, Jakarta Memilih skincare untuk kulit berjerawat tak bisa sembarangan. Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan agar kandungan dalam skincare cocok untuk jenis kulit dan mampu bekerja dengan efektif. Nah, pemilihan skincare untuk kulit berjerawat ini terkadang agak tricky.

Pemilik kulit berjerawat harus benar-benar memperhatikan kandungan skincare yang akan digunakan. Sebelum bahas urutan penggunaannya, ketahui dulu serangkaian produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawat serta ulasan singkat mengenai manfaatnya di bawah ini.

1. Double Cleansing

Bagi pemilik kulit berjerawat sebaiknya memilih cleansing oil daripada cleansing water, karena cleansing water biasanya mengandung alkohol dan memicu kulit kering atau kaku. Kemudian untuk facial wash, pilih produk yang mengandung tea tree atau witch hazel untuk meredakan jerawat.

2. Exfoliating Toner

Toner ini berfungsi untuk eksfoliasi, mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat mencerahkan wajah. Karena exfoliating toner mengandung macam-macam bahan acid, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Untuk kulit berjerawat sebaiknya memilih exfoliating toner dengan kandungan salicylic acid, yang berfungsi untuk atasi jerawat dan bekas jerawat. Pemakaian exfoliating toner tidak disarankan dipakai setiap hari, karena bisa membuat kulit kering bahkan over exfoliate. Cukup dua atau tiga hari sekali di malam hari, setelah sisa makeup tuntas dibersihkan

3. Hydrating Toner

Masih tentang toner, namun ini berbeda dengan exfoaliating toner. Untuk menyeimbangkan pH kulit, butuh hydrating toner agar kulit bebas dehidrasi. Tektur hydrating toner agak sedikit kental, pemakaiannya dituang ke telapak tangan dan tepuk-tepuk pada wajah secara perlahan dan merata. Pilih hydrating toner yang sesuai dengan jenis kulit, agar jerawat tidak semakin meradang. Karena sebagian orang ada yang tidak cocok dengan hydrating toner yang memiliki kandungan alkohol cukup tinggi.

1 dari 3 halaman

Jenis Skincare yang Tepat Untuk Kulit Berjerawat

4. Serum

Rangkaian skincare yang harganya cukup pricey adalah serum, karena serum terbuat dari konsentrat yang spesifik untuk menangani masalah kulit. Misalnya untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat, kita butuh serum Vitamin C atau untuk memperbaiki tekstur kulit dan mengecilkan pori pilih serum dengan kandungan snail ekstrak. Serum memiliki kandungan aktif daripada rangkaian skincare yang lain, teksturnya kental dan agak lengket.

5. Essence

Kadang kita bingung apa perbedaan serum dan essence? Basically, fungsinya sama untuk mengatasi kulit secara spesfik. Namun essence, kandungan aktifnya sedikit lebih rendah dariapada serum. Untuk kulit berjerawat sebaiknya memilih essence yang mengandung tea tree atau witch hazel, yang dapat mengontrol minyak dan meredakan jerawat.

6. Moisturizer

Untuk pelembap, pemilik kulit berjerawat sebaiknya hindari pelembap yang mengandung mineral oil. Karena dapat menyumbat pori dan menimbulkan jerawat-jerawat baru, pelembap tekstur gel direkomendasikan karena lebih cepat menyerap dan ringan di wajah.

7. Sunscreen

Biasanya pemilik kulit berjerawat khawatir saat memilih sunscreen, karena teksturnya yang kental dan lengket. Padahal untuk mencegah jerawat meradang, sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sekarang sudah banyak sunscreen di pasaran yang memiliki tekstur light, cepat menyerap dan tidak lengket.

2 dari 3 halaman

Urutan Penggunaan Skincare Bagi Kulit Berjerawat

Rangkaian skincare-nya memang cukup banyak, untuk urutan pemakaiannya dimulai dari produk yang paling ringan teksturnya sampai lebih pekat. Selalu pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum memakai skincare, berikut urutan pakainya:

Siang hari: Double Cleasing - Exfoliating Toner - Hydrating Toner - Serum - Essence – Moisturizer- Sunscreen.

Malam hari: tambahkan krim jerawat jika dibutuhkan.

 

 

Sumber: fimela.com

Penulis: Reiny

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani