Sukses

Inspiration

Kisah Kartunis Sederhana yang Sukses Jadi Miliarder

Bintang.com, Jakarta Ketika masih kecil, kamu mungkin familiar dengan komik Monica yang lucu dan menggemaskan. Ya, komik yang dulu sering dibaca anak-anak tahun 80-90-an ini ternyata digambar oleh seorang kartunis profesional Mauricio de Sousa. Pria asal Brazil ini memang kini terkenal sebagai kartunis handal dan melegenda. Namun, perjuangannya untuk menjadi seorang miliarder dan kartunis dunia tak mudah, lho.

Sejak kecil, Mauricio sudah bermimpi ingin menjadi kartunis profesional. Kesukaannya menggambar berbagai karakter membawanya pada mimpi yang saat itu masih sulit dia wujudkan. Soalnya, dia terlahir dari keluarga sederhana.

Dilansir dari Liputan6, ketika berumur 19 tahun, dia pindah ke Sao Paolo. Di sana, dia berjuang untuk mengejar impiannya.

Untuk mewujudkan imipiannya itu, dia menggambar untuk koran setempat. Namun sayang, usahanya untuk sukses sebagai kartunis tak mudah. Karya buatannya terus-terusan ditolak. Menurut atasannya, karya yang dia buat sama sekali tak bagus.

Namun, dia tak pernah menyerah dengan segala rintangan dan penolakan. Dilansir dari BBC, dia akhirnya menjadi seorang wartawan kriminal di sebuah surat kabar lokal bernama Folha de Sao Paolo. Sayangnya, selama 5 tahun menggambar dan bekerja di koran tersebut, selama itu juga karyanya masih ditolak.

Mauricio de Sousa | Sumber Foto: BBC

Hingga dia membuat sebbuah komik kartun dengan karakteer anjing. Komik tersebut bertema filosofi. Akhirnya, setelah lama menanti, karyanya pun diterima masyarakat. Dari sana, karier komikus terkenal asal Brazil ini pun akhirnya dimulai. Mauricio pun mendirikan sebuah perusahaan, Mauricio de Sousa Productions (MSP) yang memproduksi film animasi, produksi teater, game hingga taman bermain dengan penghasilan miliaran rupiah. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana