Sukses

Inspiration

Les Bahasa Asing Bikin Pengeluaran Membengkak?

Bintang.com, Jakarta Kemampuan berbahasa asing, di zaman yang sudah memasuki globalisasi, sangat penting. Apa lagi, buat kamu yang punya mimpi untuk kerja, kuliah, atau bahkan tinggal di negara tertentu. Bukan cuma harus menguasai bahasa Inggris, tapi buat kamu yang akan pergi ke negara asing non-berbahasa Inggris, kamu harus menguasai bahasa tersebut. 

Misalnya, kamu akan pergi ke Korea Selatan. Bahasa Inggris memang bahasa asing utama yang harus kamu kuasai. Tapi, karena orang-orang di Korea berbahasa Korea sehari-hari, kamu sudah pasti harus menguasai bahasa mereka. Begitu juga Perancis, Belanda, dan negara lainnya. 

Masalahnya kursus bahasa asing biayanya kadang sangat mahal! Apa lagi kalau kamu masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Buatmu, biaya kursus bahasa asing yang berkualitas bahkan beberapa kali lipat uang jajanmu sebulannya. Belum lagi ongkos dan juga uang jajannya. 

Ketika orang asing lihat orang Jerman ngobrol. (Via: boredpanda.com)

Meskiupun begitu, ini bukan alasan kamu nggak usah belajar bahasa asing. Soalnya, kamu yang ingin pergi ke luar negeri tetap harus menguasai bahasa di negara yang akan kamu kunjungi. Nah, sebenarnya, ada beberapa tips supaya kamu nggak boros-boros banget saat ikut les. Paling nggak, uangmu nggak habis semuanya. 

Pertama, kamu mungkin bisa mencari tempat les yang lebih murah dari tempat les lainnya. Memang, biasanya tempat les itu bukan native yang mengajar. Tapi, untuk pemula, mungkin nggak apa-apa, girls. Setelah kamu sudah menguasai dasar-dasarnya, kamu bisa memikirkan untuk mencari tempat les yang lebih berkualitas dengan biaya yang agak mahal. 

Selain dapat meningkatkan kemampuan, mampu berbahasa asing yang baik ternyata dapat meningkatkan kekayaan seseorang

Seperti biasa, kalau kamu menginginkan sesuatu, sebaiknya kamu menabung dan meningkatkan penghasilan. Kamu bisa kerja sambilan dan menggunakan uangnya untuk biaya kursus. Tapi, ada lagi cara lain yang bisa bikin kemampuan berbahasa asingmu meningkat. Yaitu dengan ikut perkumpulan atau komunitas belajar bahasa asing online. 

Di sana, kamu bisa belajar langsung dengan native. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis, lho! Mencari teman asing bisa meningkatkan kemampuan percakapanmu, lho. Jangan lupa untuk mencari-cari buku digital gratis atau murah di Internet untuk latihan grammar dan menambah kosa kata. Selamat belajar bahasa asing biar sukses di negeri orang, girls! 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana