Sukses

Inspiration

2 Cara Hilangkan Stres Menjelang Wawancara Kerja

Bintang.com, Jakarta Buat kamu yang baru saja lulus kuliah, mungkin kamu berpikir untuk ke mana harus melanjutkan perjalanan hidup. Sebagian besar orang tentu saja berjuang untuk mendapatkan pekerjaan impian masing-masing. Tapi, nggak semua orang mendapatkan pekerjaan dengan cepat. 

Ini wajar, soalnya kamu berjuang untuk mendapatkan satu posisi di sebuah perusahaan, sementara ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang lainnya yang mungkin menginginkan posisi yang sama. Makanya, jangan langsung sedih kalau kamu belum mendapatkan panggilan dari perusahaan, meskipun kamu sudah menunggu hampir 4 bulan lamanya. 

Tapi, serba salah, sih. Saat kamu menunggu panggilan wawancara, kamu merasa 'kok lama banget ya?' Sementara, ketika kamu mendapatkan panggilan wawancara, kamu malah bingung dan deg-degan parah. 

5 Hal yang Mengharuskan Anda Berbohong Saat Wawancara Kerja

Nah, supaya kamu nggak stres menghadapi pewawancara nanti, kamu harus tahu beberapa trik. Pertama, kamu nggak usah takut bakalan ditolak perusahaan. Namanya juga usaha, ya jalankan saja dulu tahapannya. Tapi bukan berarti kamu bisa santai dan nggak mempersiapkan apa pun. 

Setiap perusahaan, terutama yang besar dan sudah punya nama, pasti ada sejarahnya. Kamu nggak perlu menghafal sejarah perusahaan yang kamu lamar. Cukup dengan tahu garis besarnya, dan juga di bidang apa perusahaan itu bergerak. Nah, kaitkan dengan posisi yang kamu inginkan. 

Dalam sebuah wawancara kerja, kesan pertama akan sangat menentukan nasib Anda dimata para pewawancara. (Foto: iStockphoto)

Sekarang, pikirkan, apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan, demi mencapai tujuannya. Bukan tujuanmu, lho, tapi tujuan perusahaan. Apa yang bisa kamu bantu agar perusahaan itu terus tumbuh? 

Kedua, jangan pernah meremehkan cara berpakaian. Sebagian perusahaan dan juga posisi pekerjaan mengharuskan kamu untuk berpakaian rapi. Tapi, kalau perusahaan itu agak kasual, jangan juga memakai blazer dan berpakaian terlalu rapi. Karena penampilan memang penting, tapi isi otak dan pengalamanmu lebih penting. Pakai pakaian yang nyaman, biar kamu lebih santai dan nggak tegang. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana