Sukses

Inspiration

Cara Jitu Terbebas Dari Jerat Utang

Bintang.com, Jakarta Utang, menjadi momok bagi sebagian orang. Apalagi jika sudah terbelit dan sulit untuk melunasinya. Oleh sebab itu,tidak jarang orang yang menghindari utang.

Namun, bagi para pengusaha, pinjaman modal adalah salah satu tawaran yang sulit ditolak karena bisa mengembangkan usaha. Hanya saja, kadang para pengusaha menemukan kesulitan dalam melunasi utang yang membawanya ke arah kebangkrutan.

Melansir Liputan6.com dan Bizjournals, berikut langkah-langkah untuk bisa membebaskan diri dari jeratan utang.

Melunasi utang terkecil terlebih dulu

Ketika Anda melunasi pinjaman dari yang tekecil, Anda memiliki satu beban yang terlepas sehingga bisa fokus pada yang lebih besar.

Ilustrasi hapus hutang (Via: plus.google.com)

Jujur dengan tim kerja

Dalam satu bisnis, Anda ikut melibatkan orang lain. Biarkan mereka tahu bahwa perusahaan ini didedikasikan untuk meraih keberhasilan sehingga akan secara bersama-sama ikut mendalami upaya menumbuhkan bisnis. Dampak lanjutan dari bisnis yang sudah berjalan adalah kemampuan melunasi utang.

Bayar hutang | via: konsultasisyariah.com

Pakai uang tunai

Singkirkan kartu kredit dan mulai menggunakan uang tunai untuk membayar pengeluaran bisnis Anda.

Memang saat ini, sistem keuangan telah berubah dengan berbagai kemudahan. Banyak yang bahkan sudah berutang sejak di bangku sekolah untuk membayar pendidikannya.

Namun, mulai saat ini tanamkan jika tidak memiliki utang menjadi norma baru. Mari kita mengubah dunia dan membuat diri bebas utang.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Dadan Eka Permana
    Author
    Dadan Eka Permana
  • Dadan Eka Permana
    Editor
    Dadan Eka Permana