Sukses

Inspiration

Elis Ratna, Angkot Pustaka dan Kenalkan Internet untuk Warga Desa

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Elis Ratna, seorang pejuang literasi dari Kabupaten Bandung, bangga dan bersyukur memiliki suami Muhammad Piyan Sopian. Meski hanya seorang sopir angkot, dari jerih payah suaminya itulah, Elis bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Dahulu, Elis yang kini bekerja di perpustakaan di SDN Cisalak, Kabupaten Bandung, hanya seorang penjaja cimol. “Lima tahun yang lalu saya hanya seorang penjual cimol, terima kasih untuk suamiku. Dari hasil keringat menginjak gas angkot, saya dapat kuliah. Bisa mengangkat derajat saya yang tadinya seorang penjual cimol. Semoga Allah memberikan keberkahan dalam setiap helaan nafasmu,” kata Elis membuka pembicaraan.

Tak hanya mendukung langkah Elis untuk menempuh pendidikan tinggi, suaminya juga ikut membantu upayanya dalam menumbuhkan minat baca dengan menyediakan buku bacaan di angkot. Elis dan suaminya membuat angkot pustaka belum lama ini.

Sopir angkot di Bandung ubah mobilnya jadi perpustakaan berjalan | foto : facebook

Sebelum membuat angkot pustaka, Elis sudah mengoperasikan perpustakaan keliling dengan menggunakan motor, menawarkan bacaan gratis pada anak-anak di Desa Jatisari, Bandung. Selain bacaan gratis, Elis juga memperkenalkan internet dan media sosial kepada warga. Dan itu masih dilakukannya sampai sekarang. Berkat pelatihan yang Elis berikan, para petani di desanya bisa memasarkan hasil pertanian mereka melalui internet dan media sosial.

Idenya membuat perpustakaan keliling berawal dari keprihatinan pribadi. “Dulu kan saya sekolah kurang dana, saya nggak mau orang mengalami seperti saya. Pendidikan itu menuntaskan semua masalah kehidupan," demikian kata Elis seperti ddilansir dari BBC.

Elis Ratna | foto : facebook

 

0 Komentar

Belum ada komentar