Sukses

Inspiration

Agar Semakin Sukses, Jangan Pernah Rahasiakan Ide Terbaikmu

Bintang.com, Jakarta Kamu mungkin pernah mendengar, orang yang semakin sukses adalah mereka yang pandai menyimpan rahasia 'dapur' perusahaan dengan baik. Banyak orang yang merahasiakan ide-ide terbaiknya dari orang lain, bahkan dari perusahaan atau lembaga-lembaga lain yang ada di sekitarnya. 

Sebenarnya, wajar saja jika ada rasa takut ketika ide yang sudah susah payah kamu dapatkan dan rumuskan selama bertahun-tahun, lantas ditiru orang lain tanpa izin. Apa lagi, mereka mencuri idemu tanpa bertanggung jawab. Nah, hal ini memang kadang bisa membahayakan kelangsungan hidupmu sebagai pengusaha dan inovator, sekaligus keberadaan perusahaan. 

Meskipun melindungi desain produk dan kekayaan intelektual lainnya penting buat pengusaha sepertimu, Inc Asean menulis, beberapa para ahli justru menilai merahasiakan ide brilian justru bakal merugikan perusahaan. Sebaliknya, dengan lebih banyak membagikan ide kreatifmu kepada pihak-pihak yang membutuhkan dengan horizontal innovation akan membantu perusahaan dan dirimu berkembang. 

Horizontal innovation, menurut ZDNet yang dikutip Inc Asean, merupakan sebuah proses yang melibatkan "pemindahan pengetahuan dan teknologi dari satu ke lain sektor secara sistematis. Jadi sederhananya, ide brilianmu itu bisa lebih bernilai kalau diaplikasikan pada sebuah bisnis atau idustri yang sama sekali berbeda. Soalnya, kamu tak akan pernah tahu sumbangan apa yang akan kamu berikan kepada dunia lewat ide-ide kecil yang lantas menjadi besar seiring berjalannya waktu dan mendalamnya pemikiran. 

"Sebagai bagian dari masyarakat, kita tidak cenderung bekerja bersama-sama untuk benar-benar mengeksploitasi teknologi-teknologi baru yang berpotensi bagus," kata Naomi Climer, ketua Institute of Engineering and Technology kepada ZDNet. 

Seperti halnya teknologi inovatif yang sudah dikembangkan, kata mantan broadcast engineer di Sony kepada Inc Asean, ternyata sangat berguna di sektor-sektor lain seperti di bioskop, kesehatan, dan keamanan. Jadi, ide yang selama ini terlahir dari buah pikiranmu di kamar mandi akan menjadi sangat sia-sia jika kamu endapkan untuk perusahaan sendiri. 

Tapi, Inc Asean menulis, untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau startup tidak perlu mengungkapkan seluruh rahasia 'dapurmu'. Tapi, hanya menunjukkan prototipe produk agar orang lain bisa mengembangkannya. Sehingga, ide kreatifmu bisa berguna bagi sektor lain tanpa harus membunuh perkembangan perusahaanmu sendiri. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana