Sukses

Success

3 'Investasi' yang Selalu Dilakukan Pengusaha Kecil

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Membangun usaha memang lebih mudah dengan modal kecil. Karena enggak semua orang mampu menyiapkan uang dalam jumlah banyak. Tapi, kamu pasti ingin mengembangkan usahamu menjadi lebih besar dan terus tumbuh. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan penjualan dan juga berinvestasi. 

Investasi enggak selamanya tentang uang. Tapi segala hal yang bisa bikin usahamu terus berjalan dan berkembang. Apa pun yang bisa mengubah idemu menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan keuntungan. Meskipun kamu harus membayar lebih mahal sedikit di awal, tapi untuk ke depannya, jalannya usahamu akan lebih lancar. Karena segala urusan yang bersangkutan dengan penjualan dan pemasaran akan terbantu. 

Banyak pengusaha kecil yang ogah membuka pikirannya untuk 'berinvestasi' di berbagai hal untuk kepentingan kelancaran jalannya usaha. Entah karena enggak mau mengeluarkan lebih banyak uang, atau takut malah jadi rugi. Sudah mengeluarkan uang banyak, tapi profitnya belum juga meningkat. Tapi kamu jangan khawatir karena kali ini Bintang.com akan membahas tiga 'investasi' cerdas yang selalu dilakukan pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya. 

Mencari mentor yang tepat. Setiap orang sukses enggak mungkin pure otodidak. Pasti ada orang yang sanggup menginspirasinya. karena kekagumannya itu, dia pun mengikuti jejaknya dan akhirnya menjadi sukses. Tapi, sebaiknya kamu juga harus punya mentor yang berhadapan langsung denganmu. Mungkin memang akan membutuhkan biaya sedikit mahal. Tapi mentor akan sangat membantumu mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Selain itu, perkembanganmu bisa terlihat dan dipantau. Seperti yang Adam Khoo bilang, untuk menjadi sukses, kamu perlu mendapatkan seorang mentor yang tepat. 

Melakukan pembukuan. Meskipun bisnis yang kamu jalani kecil dan uang yang berputar masih berjumlah sedikit, tetap saja kamu harus melakukan pembukuan. Dari situ kamu akan menemukan jika ada pengeluaran yang ganjil. Atau kamu bisa melakukan perencanaan keuangan untuk mengembangkan usahamu tahun depan. 

Membuat situs perusahaan. Usahamu mungkin hanya usaha kecil-kecilan. Tapi kamu pasti punya pelanggan yang ingin tahu tentang produk atau jasamu. Kamu enggak bisa hanya mengandalkan media sosial. Karena kamu harus punya 'rumah sendiri' agar bisa mengembangkan usaha. Pelangganmu akan lebih percaya kalau perusahaanmu punya website. Mungkin memang sedikit mahal iuran domain-nya. Tapi ini adalah 'investasi' yang sangat baik untuk bisnis yang berkembang. 

Semua pengusaha cerdas pasti melakukan 'investasi' di atas. Sehingga mereka punya pondasi yang kuat untuk mendirikan perusahaan, bahkan mengembangkan usahanya hingga menjadi besar. Kamu pun kalau ingin usahamu maju, sebaiknya melakukan ketiga hal di atas. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Investasi Emas

 

0 Komentar

Belum ada komentar