Sukses

Inspiration

4 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Berinvestasi untuk Masa Tua

Bintang.com, Jakarta Investasi untuk masa tua, atau program keuangan masa pensiun memang terdengar sangat 'tua' di telinga anak muda sepertimu. Jangankan investasi masa tua. Banyak anak muda yang masih belum familiar dengan kata investasi. Tabungan yang dimiliki hanya sekedar tabungan biasa. 

Sebenarnya, program menabung biasa enggak akan menjadi masalah kalau kamu konsisten menyisihkan uang untuk masa tuamu. Tapi, enggak semua orang bisa konsisten, kan? Selain itu investasi dinilai lebih menguntungkan untuk kestabilan keuanganmu di masa mendatang.

Tapi, apa memang perlu, anak muda sudah memikirkan masa tua? Apa enggak terlalu kejauhan? Lagian, gajimu dan pekerjaanmu belum juga stabil. Kamu pasti masih mau mengejar mimpi. Nah, ini dia empat alasan kenapa anak muda harus berinvestasi untuk masa tua. 

Ada beberapa manajer investasi dan bank yang mengeluarkan produk investasi yang terjangkau. Kalau kamu mau mencari dan sedikit berusaha, ada beberapa manajer investasi yang mengeluarkan produk dengan biaya terjangkau. Bahkan kamu bisa berinvestasi hanya dengan Rp 100.000 per bulan di reksa dana. Tapi enggak berarti semua manajer investasi harganya terjangkau. Kamu harus mencari tahu, mana bank dan manajer investasi yang mengeluarkan produk dengan biaya terjangkau. 

Karena enggak ada yang tahu kondisi keuanganmu di masa depan. Kamu enggak akan tahu bagaimana kondisi keuanganmu lima atau 10 tahun mendatang. Nah, karenanya kamu harus berjaga-jaga untuk menyelamatkan hidupmu jika terjadi hal yang enggak diinginkan. Misalnya anakmu nanti membutuhkan uang untuk sekolah ke luar negeri. Atau semua uangmu sudah kamu alokasikan untuk biaya pendidikan anak. Jangan sampai kamu kehabisan uang sementara sudah kamu sudah pensiun. Jadi, uang yang kamu investasikan ini bisa sebagai dana penyelamat di masa tuamu. 

Karena kamu berhak mengejar mimpimu. Karena anak muda punya banyak mimpi yang besar. Kamu pasti enggak mau selamanya punya pekerjaan dan bekerja di kantor yang sama. Kamu pasti ingin meraih mimpimu. Artinya kamu akan mencari pekerjaan yang lebih menantang. Nah, ketika proses pencarian kerja inilah, kamu membutuhkan uang. Kalau kamu langsung mendapatkan pekerjaan, enggak akan jadi masalah. Tapi bagaimana jika kamu belum juga menemukan pekerjaan impianmu padahal sudah mencari selama enam bulan. Uang yang kamu investasikan ini bisa menjadi penyelamat hidupmu. 

Karena kestabilan finansial diusia 30-an sangat penting. Pada usia 30 tahun, kamu pasti ingin memiliki hidup yang berbeda. Seperti menikah, atau punya rumah sendiri. Atau bekerja di negara lain. Pada usia pertengahan inilah kamu membutuhkan uang simpanan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhanmu. Seperti menikah, atau mecari pekerjaan yang lebih baik lagi. 

Nah, itu dia alasannya kenapa anak muda sepertimu harus berinvestasi untuk masa tua. Kesadaran untuk menabung dan memikirkan kesehatan finansial memang belum banyak tumbuh pada diri anak muda sekarang ini. Tapi, semoga saja kesadaran finansial akan melekat dan tumbuh seiring berjalannya waktu. Sehingga kamu enggak akan kewalahan ketika ingin menikah atau meraih cita-citanya. 

Baca juga: 6 Cara Gunakan Uang yang Sudah Kamu Tabung Selain Buat Masa Tua

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana