Sukses

Fashion

Desainer Tuna Rungu Rafi Ridwan Sukses Gelar Show di Texas - AS

Bintang.com, Jakarta Rafi Ridwan salah satu desainer kebanggaan Indonesia yang usianya masih 15 tahun kembali mendapatkan kesempatan menampilkan karya-karyanya di "Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017" di kota El Paso, negara bagian Texas, Amerika Serikat, pada 20 - 21 Oktober 2017.

Ajang peragaan busana internasional yang menghadirkan desainer atau brand kenamaan dari berbagai daerah di Amerika Serikat seperti berasal dari Florida, New Mexico, Texas, Puerto Rico, juga desainer dari negara-negara di luar Amerika seperti desainer dan atau brand asal Mexico dan Indonesia.

Dikutip dari press release yang diterima Bintang.com, Rafi Ridwan menjadi satu-satunya perancang busana yang mewakili Indonesia, sekaligus perancang busana termuda yang memamerkan hasil rancangan terbaiknya di ajang bergengsi tersebut.

Sehingga merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan oleh Indonesia, memiliki jiwa-jiwa muda yang berbakat dan penuh kreatifitas, juga mampu mengharumkan nama Indonesia di industri mode kelas dunia seperti Rafi Ridwan.

Desainer muda dan tuna rungu, Rafi Ridwan, di show Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017, Texas-Amerika Serikat.

Keberangkatan Rafi Ridwan ke ajang tersebut tak lepas dari dukungan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia, serta perusahaan jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

Menjadi tuna rungu sejak lahir bukanlah hambatan bagi seorang Rafi Ridwan untuk menghasilkan karya yang berkualitas dari sejak usia dini. Dan Rafi Ridwan sukses menaklukkan panggung runway di Amerika Serikat dengan tenun-tenun Indonesia Timur warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia.

Seperti diungkapkan Triawan Munaf selaku Kepala BEKRAF, Rafi Ridwan merupakan remaja yang memiliki anugerah di bidang fesyen di balik kebutuhan khusus yang dimilikinya.

Desainer muda dan tuna rungu, Rafi Ridwan, di show Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017, Texas-Amerika Serikat.

"BEKRAF turut bangga dengan prestasi yang ditorehkan di dalam maupun di luar negeri. BEKRAF merasa terhormat dapat membantu Rafi dalam meningkatkan prestasinya dan juga turut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," ujar Triawan Munaf.

Hal senada disampaikan Endah Wahyu Sulistianti, selaku Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah BEKRAF.

Menurut Endah, diundangnya Rafi Ridwan dalam kegiatan tersebut bukan hanya meluaskan fesyen yang dimilikinya, tapi juga membuktikan kepada dunia bahwa di balik kebutuhan khusus yang dimilikinya, Rafi memiliki kemampuan yang setaradengan desainer-desainer dunia.

"BEKRAF turut senang dan bangga telah memberikan dukungan terhadap Rafi. Semoga ke depannya Rafi dapat semakin mengharumkan nama Indonesia," tambah Endah Wahyu Sulistianti.

1 dari 2 halaman

Rafi Ridwan Rancang Nuansa Monokrom Dari Kain Tenun

Koleksi rancangan dari desainer tuna rungu tersbeut berjudul +ALTER by Rafi Ridwan. Koleksi ini merupakan koleksi pertama Rafi Ridwan yang bernuansa monokrom.

Kontras warna antara hitam-putih dan abu-abu, juga potongan yang mengikuti trend masa kini sebenarnya menggambarkan keseimbangan dalam hidup. Perbedaan warna yang begitu kontras dapat selalu dipadu-padankan menjadi harmonisasi yang indah.

Desainer muda dan tuna rungu, Rafi Ridwan, di show Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017, Texas-Amerika Serikat.

Sentuhan kain tenun desa Bena, Flores, Nusa Tenggara Timur, dan beberapa lainnya merupakan tenun Papua yang menjadi bahan dasar koleksinya tersebut. Sebanyak 20 pieces yang dipamerkan pada show Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017 bercerita tentang filosofi bangsa Indonesia, yakni Bhineka Tunggal Ika.

Ribuan mata serta media internasional yang menyaksikan menjadi momen bersejarah untuk karir Rafi Ridwan dan majunya perkembangan ekonomi kreatif kebanggaan Indonesia.

Desainer muda dan tuna rungu, Rafi Ridwan, di show Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017, Texas-Amerika Serikat.

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Yuni Haumahu
    Author
    Yuni Haumahu
  • Yuni Haumahu
    Editor
    Yuni Haumahu