Sukses

Style

Rehat Sejenak di Kuningan

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Ketimbang sejumlah nama di Jawa Barat macam Garut, Bogor, apalagi Bandung, Kuningan memang kalah tenar di kalangan pelancong. Namun demikian, bukan berarti pesona absen sama sekali dari wilayah tetangga Cirebon tersebut. Diam-diam, Kuningan juga bisa jadi opsi tempat rehat yang menarik.

Berada di kawasan perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah, kamu tak akan sulit bertandang ke wilayah yang satu ini. Dengan banyaknya akses dan akomodasi yang telah memadai, tak mempertimbangkannya sebagai destinasi perjalanan, atau minimal tujuan berlibur di akhir pekan, malah akan dirasa sebagai satu kesalahan.

Dari gardu pandang macam sejumlah tempat yang biasanya ditemui di Yogyakarta, hingga teduh khas taman nasional, semua bisa dijumpai. Dengan singgah di sini, sangat mungkin kamu nantinya menemukan lanskap dan perspektif berbeda terhadap Kota Kuda. Dikutip dari berbagai sumber, inilah sejumlah tempat untuk sejenak rehat di Kuningan.

Curug Putri Landung, Kuningan, Jawa Barat. (Sumber Foto: Prayudi Hartono/Flickr)

Curug Putri Landung. Berada di selatan kaki Gunung Ceremai, Curug Putri Landung merupakan air terjun setinggi 30 meter yang sanggup membius setiap pasang mata. Aliran air dari Curug Putri Landung nantinya akan membentuk Sungai Curug Putri yang airnya jernih dan dipenuhi bebatuan alami.

Termasuk destinasi yang cukup digemari, tempat ini sudah dilengkapi sejumlah fasilitas, termasuk gazebo untuk bersantai. Dengan pepohonan di kanan-kiri, nuansa alami nan asri hampir pasti bisa disesap. Bila ingin lebih sepi, datanglah di bukan hari libur dan akhir pekan.

1 dari 3 halaman

Terbius Panorama Kuningan dari Bukit Panembongan

Bukit Panembongan. Sejak dibuka pada 2005, destinasi ini menyeruak sebagai salah satu tempat wisata populer di Kuningan. Dalam suatu waktu, akan kamu dapati panorama bentang hijau pepohonan, lengkap dengan petak sawah berpola sedemikian rupa, serta bukit yang saling sambung-menyambung di kejauhan. Namun kali lain, kabut malah sama sekali menutupi apa-apa yang ada di depan mata, namun sekaligus mendramatisir panorama. 

Bukit Panembongan, Kuningan, Jawa Barat. (Sumber Foto: rina.mediawati/Instagram)

Berada di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, bukan perkara mudah menjamah tempat ini. Kamu mesti melewati jalur yang lumayan ekstrem, terutama di musim hujan. Sehingga, kehati-hatian adalah bekal utama ketika memutuskan untuk singgah.

Taman Purbakala Cipari. Merupakan destinasi wisata sejarah, namun tampilannya jauh dari kesan kebanyakan tempat bermaksud serupa. Setidaknya terdapat delapan tempat peninggalan sejarah di situs di kaki Gunung Ciremai tersebut.

Taman Purbakala Cipari, Kuningan, Jawa Barat. (Sumber Foto: satrioiyooo/Instagram)

Mulai dari zaman manusia purba megalitikum, kolonial Belanda, kerajaan kuno, hingga jaman Hindu-Buddha, semua ada. Terdapat artefak seperti peti kubur batu dan gerabah yang masih tertata di area pekuburan sekitar Taman Purbakala Cipari.

2 dari 3 halaman

Teduhnya Kawasan Gunung Ciremai

Lembah Ipukan Gunung Ciremai. Panoramanya hampir mirip dengan Bukit Panembongan. Lembah yang dikaruniai eksotisme alam ini menyajikan panorama alam memukau. Belum lagi berbicara tentang udara sejuk yang membuatmu betah berlama-lama.

Lembah Ipukan Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. (Sumber Foto: irmayz_/Instagram)

Di samping titik pandang mengagumkan, destinasi yang berada di Desa Cisantana, Cigugur, Kuningan ini juga punya beberapa air terjun, yakni Curug Cisurian dan Curug Silutung. Di sini, kamu pun bisa puas berfoto dengan latar berupa taman buatan dan jembatan bambu.

Taman Nasional Gunung Ciremai. Sudah dan tetap jadi destinasi andalan Kuningan, akan sayang melewatkan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Ciremai. Dengan udara sejuk dan panorama yang masih begitu alami, tempat ini adalah surga bagi pecinta alam.

Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. (Sumber Foto: pluviophile1716/Instagram)

Di antara banyak sudut, Air Terjun Palutungan merupakan destinasi favorit untuk disambangi. Selain air terjun yang jadi atraksi utama, kamu pun akan menemukan perkebunan yang membentang luas di sini. Jadi, benar bukan kalau pesona Kuningan begitu menggoda?

0 Komentar

Belum ada komentar