Sukses

Fashion

Apa Perbedaan Gelato dengan Es Krim?

Bintang.com, Jakarta Apa dessert yang kamu suka, es krim atau gelato? Banyak yang menyangka es krim dan gelato adalah sama. Bahkan ada yang menyangka kalau gelato adalah salah satu jenis es krim. Sekilas es krim dan gelato memang hampir sama terutama dari bentuknya.

Tapi ternyata tetap ada bedanya. Dua penganan atau dessert dingin ini memang paling pas disantap saat cuaca panas, apalagi saat kita lagi haus-hausnya. Keduanya sekilas memang mirip. Namun faktanya, bahan dan proses pembuatannya berbeda. Berikut ini perbedaan es krim dan gelato, seperti dilansir dari keepo.me

Es Krim

Ilustrasi Es Krim

Seperti namanya, es krim punya rasa krim yang kuat. Selain krim, bahan dasarnya adalah susu dan telur. Proses pencampurannya adalah dengan diaduk secara cepat dan kuat. Karena diaduk dengan mesin, banyak gelembung udara masuk ke bahan yang lagi diaduk.

Es krim didinginkan dalam suhu minus 20 sampe minus 12 derajat celcius. Nah, ini yang membuat es krim terasa tajam di lidah. Tapi, ini juga yang bikin es krim lebih tahan lama. Es krim pun jadi kuat rasa krimnya. Teksturnya juga lebih lembut dan gampang hancur karena tinggi kandungan gelembung udara.

Gelato

Jika diminta memilih es krim atau gelato, kamu akan jadi tim yang mana?

Gelato terbuat dari susu utuh, bukan dari krim, air, gula maupun buah-buahan segar. Gelato berasal dari bahasa Italia congelati yang artinya beku, tapi banyak yang menganggap kalau dessert ini berasal dari kata gelatin (lemak). Gelato adalah es krim buatan rumahan khas Italia. Tapi beda dengan es krim, gelato hanya bisa tahan selama beberapa hari.

Jadi, gelato harus selalu disajikan segar. Dessert ini umumnya bertekstur lebih padat dan mulus dibandingkan es krim biasa, sehingga lebih bikin kenyang. Selain itu, gelato tidak terasa tajam di lidah, karena suhu dalam masa pendinginannya hanya sekitar minus 10-15 derajat celcius aja.

Gelato. foto: qraved

Jadi, mana yang lebih menyehatkan antara es krim dan gelato? Kalau dinilai dari kandungan lemak, es krim memang lebih besar. Es krim biasanya mengandung lemak lebih dari 10 persen, karena mengandung susu, kuning telur, dan krim yang mengandung bahan pengawet.

Sementara gelato mengandung sekitar 4 sampai 8 persen lemak susu, yaitu lebih rendah dari lemak yang terkandung di es krim. Bahkan gelato berkualitas tinggi kandungan lemaknya hanya sekitar 1 sampai 3 persen saja.

Unik, Toko Ini Mengukir Es Krimnya Serupa Bunga

Kamu tak perlu khawatir bakal gemuk gara-gara makan gelato. Kandungan kalori dalam satu cup gelato setara dengan satu buah pisang atau segelas besar susu. Dengan segala perbedaan, kelebihan dan kekurangan, mana yang lebih kamu pilih, es krim atau gelato?

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens
  • henryhens
    Editor
    henryhens