Sukses

Fashion

Resep Empal Daging Sapi Empuk yang Bisa Dimakan Kapan Saja

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Daging atau empal goreng termasuk masakan tradisional Indonesia. Makanan yang kerap menjadi lauk andalan nasi uduk ini juga banyak dijumpai di daerah Jawa Barat. Meski ada membuat empal dari daging kambing, tapi yang lebih populer dan banyak disukai adalah dari daging sapi.

Itu karena daging sapi punya citarasa yang sangat gurih dan teksturnya sangat empuk. Selain tu, daging sapi juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan.  Buat menyantap empal goreng yang empuk tak perlu mencari penjual nasi uduk atau restoran khas Sunda.

Kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang cukup mudah untuk diikuti. Kelebihan utama daging adalah bisa disimpan dalam waktu cukup lama.

Karena itu kali ini akan ditampilkan resep membuat empal yang empuk dengan porsi yang cukup banyak. Kalau sudah matang, makanan ini bisa kita simpan selama berhari-hari untuk dijadikan lauk makanan kita.

Jadi empal yang empuk bisa dimakan kapan saja dan tak perlu langsung dihabiskan setelah selesai dimasak. Bisa kita simpan di kulkas dan kalau mau dimakan tinggal dihangatkan saja. Seperti dilansir dari Cookpad, berikut ini resep empal daging sapi yang empuk.

Bahan yang disiapkan:

Potongan daging. foto: ayodetox.net

1 kg daging sapi
90 ml santan kental instan
Air secukupnya untuk merebus daging

Bumbu halus:
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan
1/2 sdt merica butiran
2 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 ruas lengkuas
1 batang serai / bagian putihnya saja

Bumbu tambahan:
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
30 gram gula jawa
1 sdt garam/ sesuai selera
2 sdm air asam jawa

Empal Daging Sapi. foto: cookpad

Cara membuatnya:

Rebus daging sapi. Bisa menggunakan presto kalau ingin lebih cepat matang.

Tiriskan daging lalu simpan kaldunya. Daging sapi dipotong-potong sekitar 1 cm.

Tumis bumbu halus lalu masukkan air kaldu dari sisa rebus daging sebelumnya secukupnya, santan, daun salam dan daun jeruk. Setelah itu masukkan potongan daging sapi. Api sedang saja dan rebus hingga kuah susut.

Kalau masih belum lunak, tambahkan sisa kaldu. Masukkan gula jawa, air asam jawa dan garam. Tes lebih dulu rasanya. Kalau kurang bumbu bisa tambahkan garam atau bumbu lainnya. Masak sampai semua kuah susut, angkat daging.

Empal siap digoreng, sebaiknya jangan terlalu banyak memakai minyak goreng agar makanan lebih sehat.

Setelah matang, angkat dan sajikan. Empal daging sapi yang empuk siap disantap bersama nasi putih dan sambal.

Empal Daging Sapi. foto: cookpad

0 Komentar

Belum ada komentar