Sukses

Style

Durian Terong yang Unik dari Kalimantan Barat

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Buah durian termasuk unik karena banyak disukai sekaligus dibenci. Rasanya yang enak dan baunya yang sangat tajam jadi ciri khas durian atau duren. Durian sendiri sangat beraneka ragam. Di Indonesia tercatat ada 20 anggota spesies Durio (dari hampir 30-an jenis), sembilan diantaranya dapat dimakan.

Salah satu Durian yang unik adalah Durian yang berasal dari kecamatan Sekayam di kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Seperti dilansir dari Good News From Indonesia, durian ini rasanya enak manis legit dan kering, warnanya kuning menarik. Selain itu ukurannyapun terbilang tidak wajar sehingga membuatnya disebut dengan ‘Durian Terong’.

Durian Terong. foto: aamjack.wordpress.com

Disebut Durian Terong, karena bentuk buahnya bulat seperti bola dan besarnya seperti buah terong asam dengan bobot buah antara 850 gr - 1500 gr perbuah. Produktifitas Durian Terong sangat tinggi, karena bisa menghasilkan buah mencapai sekitar 2000 buah pada saat panen besar.

Dalam satu malam, buah yang jatuh bisa mencapai 75 buah, Bisa dibayangkan dalam sebulan berapa jumlah durian ini. Dalam satu buah Durian Terong terdapat 5 juring, setiap juringnya berisi 1-2 daging Durian. Ukuran biji normal, bulat, lonjong, dimana setiap satu buah terdapat 1-2 biji kempes, dengan ketebalan daging mencapai 3cm.

Durian Terong. foto: durianunggul.wordpress.com

Rasa buahnya manis legit dan kuning, tetapi halus dan empuk seperti es krim. Ketebalan dagingnya mencapai 3 cm berbalut kulit hijau dan beraroma sedang. Dengan sederet keunggulannya, Durian Terong layak diacungi jempol dan harus dicoba, terutama buat penggemar durian.

 

0 Komentar

Belum ada komentar