Sukses

Fashion

Resep Masakan Jepang Beef Bowl Versi Halal

Bintang.com, Jakarta Masakan Asia termasuk Jepang memang sangat digemari. Selain restoran, sejumlah kedai atau bahkan warung masakan Jepang banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Salah satu menu masakan yang cukup populer dan disukai adalah Beef Bowl atau Gyudon.

Tak hanya bisa dinikmati di banyak restoran makanan Jepang, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan masakannya yang mudah diperoleh di berbagai supermarket, membuat kita jadi lebih mudah untuk membuatnya.

Rasanya tak beda jauh dengan Beef Bowl di restoran, bahkan rasanya bisa kita atur menurut kehendak kita sendiri. Ditambah lagi, bahan makannya aman dikonsumsi buat kamu yang selalu mengkonsumsi makanan halal.

Seperti dilansir dari laman Cookpad, resep dari akun ‘Evi Can Cook’ ini tidak menggunakan basic sauce untuk gyudon seperti soy sauce, sake, mirin, gula dan dashi bubuk. Tapi kali ini dimodifikasi tanpa sake dan mirin.

Ditambah sedikit kaldu bubuk/ kalau bisa dashi bubuk, tapi kalau tidak ada pakai kaldu bubuk ayam juga tak jadi masalah Bagi yang mau resep asli dengan menggunakan sake dan mirin, perbandingan soy sauce: sake: mirin: gula adalah 2:2:2:1 . Untuk gula bisa dikurangi sedikit kalau tidak mau rasanya terlalu manis.

Bahan yang dibutuhkan:

200 gram daging sapi tipis/ potongan utk sukiyaki
1/2 buah bawang bombay iris tipis
Bahan saos:
100 ml air
1/2 sdt kaldu bubuk dashi(ikan) atau ayam
2 sdm soy sauce/ kikoman
1 sdm gula

Catatan: bahan-bahan yang dipakai banyak dijual di supermarket dan bisa dicari di bagian bumbu-bumbu Jepang/Korea.

Cara membuatnya:
Potong daging jadi beberapa bagian daging. Didihkan air lalu matikan api dan masukkan daging. Kalau sudah berubah warnanya langsung diangkat, tujuannya supaya daging tidak bau sapi.

Beef Bowl/Gyudon. foto: cookpad

Setelah itu masukkan bahan saos ke dalam wajan baru. Lalu masukkan bawang bombay dengan api sedang dan biarkan beberapa menit agar bawang bombay lunak.

Masukkan daging sapi dengan api kecil dan biarkan saos meresap ke dalam daging. Saos jadi berkurang tapi jangan sampai kering. Sajikan di atas nasi putih dan tuang sisa saos di atasnya.

Beef Bowl/Gyudon. foto: cookpad

Untuk dashi bubuk seperti ini contohnya.

Untuk dashi bubuk seperti ini contohnya. foto: cookpad

 

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens
  • henryhens
    Editor
    henryhens