Sukses

Fashion

Selamat Hari Batik Nasional 2015!

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Setiap 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Nah, buat kamu yang masih bertanya-tanya mengapa Hari Batik Nasional selalu dirayakan sehari setelah Hari Kesaktian Pancasila, maka inilah jawabannya.

Seperti kita ketahui bahwa 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dan semenjak itulah setiap 2 Oktober kita masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional.

Selamat Hari Batik Nasional 2015! | via: archiculturaltourism.files.wordpress.com

Batik memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, hampir disetiap daerah kita bisa menemukan batik dengan ciri khas masing-masing. Beberapa daerah dikenal sebagai penghasil batik, oleh karena itu kini kita mengenal yang namanya Batik Solo, Batik Yogyakarta, Batik Betawi, Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Madura, dan Batik Bali.

Selamat Hari Batik Nasional 2015! | via: thesmartlocal.com

Dalam situs resminya UNESCO menulis bahwa batik Indonesia memiliki banyak simbol yang erat hubungannya dengan status sosial dari masyarakatnya, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik bukan hanya bahan untuk membuat pakaian, tapi batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia.

Jadi, jangan lupa untuk mengenakan batik ya hari ini. Kamu bisa menggunakan jenis batik tulis, batik cap, atau batik printing. Well, Selamat Hari Batik Nasional 2015, aku cinta Indonesia!

Baca juga : Tom Cruise Pakai Batik di Film Terbarunya

0 Komentar

Belum ada komentar