Sukses

Sex & Health

Keputihan Saat Hamil, Wajar Nggak Sih?

Bintang.com, Jakarta Kesehatan vagina memang sudah seharusnya kamu perhatikan. Apa lagi, kalau kamu sedang mengandung. Soalnya, gangguan kesehatan pada vagina bisa memengaruhi kesehatan sang anak di dalam rahim. 

Bukan cuma wasapa pada virus atau juga kanker serta tumor. Tapi, juga waspada dengan keputihan yang terjadi pada saat kamu hamil. 

Banyak ibu hamil yang menganggap keputihan pada saat hamil itu biasa. Iya, sih, tapi, kalau keputihan itu nggak mengganggu dan termasuk normal. 

Dilansir dari Hamil Plus, keputihan yang normal selama kamu hamil adalah cairan bening agak putih, nggak gatal, nggak berbau, juga nggak bikin vagina merah. Nah, kalau warnanya beda, terus bau dan menyebabkan gatal, kamu sepertinya harus periksa ke dokter. 

 

1 dari 2 halaman

Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil

Sebenarnya, penyebab keputihan pada ibu hamil itu mirip dengan keputihan pada cewek biasa. Namun pada ibu hamil umumnya keputihan terjadi akibat adanya empat hal. 

Virus, bakteri, atau juga parasit dan jamur. Ibu hamil memiliki perubahan hormon dalam tubuhnya. Nah, perubahan hormon ini juga bisa mengakibatkan timbulnya keputihan. 

Soalnya, pada saat kamu hamil, aliran darah pada dareah kewanitaan meningkat. Hal ini membuat cairan pada vagina juga semakin banyak. Nah, kamu nggak perlu khawatir kalau keputihannya masih normal. Tapi untuk meyakinkan, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana