Sukses

Sex & Health

4 Risiko Penyakit Menurut Golongan Darahmu

Bintang.com, Jakarta Setiap orang memiliki golongan darah. Setiap golongan darah itu memiliki karakteristik masing-masing. Karakteristik ini meliputi banyak hal. Mulai dri kepribadian, hingga masalah seputar kesehatan. 

Makanya dulu sempat booming metode diet golongan darah. Inti dari diet itu, masing-masing golongan darah dianjurkan untuk mengonsumsi dan menjauhi makanan dan minuman tertentu. 

Nah, karena setiap golongan darah memiliki kondisi dalam setiap sistem tubuh berbeda, kecenderungan mendapatkan penyakit atau gangguan kesehatan pun juga beragam dan unik. 

Bukannya menakut-nakuti, tapi dilansir dari Prevention, beberapa penyakit berat seperti kanker biasanya lebih banyak menyerang orang-orang yang bergolongan darah tertentu. Selain kanker, juga ada beberapa gangguan kesehatan lainnya. 

1 dari 5 halaman

Kanker Lambung

Kanker lambung memang bisa menyerang siapa saja yang nggak menjaga kesehatan. Tapi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan the American Jounal of Epidemitology, risiko mendapatkan kanker lambung buat orang bergolongan darah AB lebih besar 26% dibandingkan mereka bergolongan darah B atau O.

2 dari 5 halaman

Pikun

Pikun dan masalah ingatan biasanya memang menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Tapi, ternyata mereka yang bergolongan darah AB lebih rentan menderita gangguan ini. Menurut journal Neurology, mereka yang bergolongan darah AB dan sudah lanjut usia, biasanya mengalami berbagai masalah pada ingatannya seperti pikun, gangguan kognitif dan lainnya. 

3 dari 5 halaman

Penyakit Jantung

Beruntung banget kalau kamu memiliki golongan darah O. Soalnya, sebagian besar orang bergolongan darah O memiliki risiko 23% lebih kecil dari golongan darah lainnya untuk menderita penyakit mematikan ini. Mereka yang bergolongan darah AB dan B memiliki risiko terbesar untuk menjadi pasien penyakit jantung. 

4 dari 5 halaman

Kanker Pankreas

Kayaknya, kamu yang memiliki golongan darah O sangat beruntung. Selain jauh dari penyakit jantung, kemungkinan terkena kanker pankreas lebih kecil 37% dibandingkan dengan orang lain dengan golongan darah lainnya. Menurut Journal of the National Cancer Institute, hal ini dikarenakan adanya bkateri H. pylori pada usus milik orang-orang bergolongan darah A, AB, dan B, yang meningkatkan risisko terkena kanker jenis ini. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana