Sukses

Sex & Health

Cewek Ini Kena Herpes Usai Coba Lipstik di Mal, Kok Bisa?

Bintang.com, Jakarta Girls, kamu yang suka dandan atau mengoleksi lipstik, pasti pernah mencoba beberapa contoh produk lipstik di mal dan berbagai toko kosmetik. Secara, warna lipstik bisa berubah saat kamu pakai. 

Soalnya, hampir setiap cewek warna bibirnya berbeda. Nah, warna dasar bibir yang bikin warna lipstik akan berbeda kalau dipakai setiap orang. 

Makanya, nggak heran banyak cewek yang lebih memilih untuk mencoba contoh lipstik langsung di bibir, bukan di punggung tangan. Tapi, ternyata hal ini bisa membahayakan kesehatanmu! 

Baru-baru ini, seorang cewek di California, Amerika Serikat, mengaku menderita herpes usai mencoba sebuah lipstik bermerk ternama di sebuah mal pada Rabu, 25 Oktober lalu.

Dilansir dari Women's Health Magazine, cewek yang nggak disebut namanya itu sudah menuntut pihak perusahaan terkait dengan alasan emotional distress yang dialami usai mencoba contoh lipstik tersebut. Tapi kalau dipikir-pikir, memangnya bisa herpes menular lewat lipstik? 

1 dari 2 halaman

Bisakah Herpes Menular Lewat Lipstik?

Kepada Medical Daily, Dr. Amesh Adalja, seorang spesialis penyakit menular di Johns Hopkins Center for Health Security di Baltimore, Amerika Serikat mengatakan herpes memang bisa saja menular melalui lipstik, meskipun kasusnya sangat jarang. 

Adala mengatakan, mungkin ada seseorang yang mengidap herpes oral sebelum cewek tadi yang menggunakan lipstik tersebut saat mencoba di toko. "Saya curiga, kalau ada banyak orang yang mengaku terkena herpes dari hal-hal tertentu, sebenarnya sudah terinfeksi, karena (herpes) merupakan penyakit menular yang nggak bisa dihindari," katanya. 

Sementara itu, Dr. Suman Radhaskrishna, kepala Pengontrolan Penyakit Menular di Dignity Health, mengatakan kalau lipstik yang terkontaminasi tersebut langsung digunakan cewek tersebut usai dipakai seseorang yang memiliki virus herpes dalam dirinya. 

Ilustrasi Lipstik. (Foto: kamdora.com)

"Jadi seseorag menggunakannya, kemudian ditaruh (kembali) dan orang lain menggunakan lipstik tersebut, mungkin begitu cara penularannya," kata Radhaskrishna kepada KNBC. 

Mengenai penuntutan yang dilakukan cewek tersebut terhadap perusahaan lipstik terkenal, representatif toko makeup tersebut mengklaim kalau sudah mengelap contoh lipstik menggunakan alkohol dan tisu setiap kali digunakan orang. "Itu sudah menjadi ketentuan kami, kesehatan dan keamanan klien adalah prioritas utama kami," katanya, seperti dikutip dari Women's Health Mgazine. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana