Sukses

Sex & Health

Bahaya Tidur Mendengkur Bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Mendengkur mungkin menjadi hal yang bisa bagi sebagian orang. Dilansir dari HuffingtonPost, hal itu diakibatkan terjadinya gangguan dalam saluran aliran udara yang melewati mulut bagian belakang dan hidung.

 

Mendengkur memang merupakan gangguan yang sangat umum terjadi. Hal ini bisa mengganggu pasangan. Atau saat berpergian dalam pesawat atau kereta dalam jangka panjang, gangguan ini bisa mengganggu orang lain. Lalu apa bahaya mendengkur dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia!

Mendengkur nggak boleh dianggap sepele ya, girls! Gangguan ini bahkan bisa mengakibatkan kematian dalam kondisi tertentu. Jadi ada baiknya mulai mengobati diri ketika hal ini terjadi pada diri atau pasanganmu.

Girls, ini bahaya mendengkur untuk tubuh dan cara mengatasinya! (Sumber Foto: Best Health Magazine Canada)

Dalam istilah kedokteran, mendengkur disebut sleep apnoea. Minimnya suplai oksigen bisa membuat seluruh organ tubuh termasuk jantung dan otak bekerja lebih keras dari sebelumnya. Sederet penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke, dan kerusakan otak bisa timbul akibat mendengkur.

Banyaknya efek buruk dari mendengkur, ada baiknya kamu mulai mengantisipasi dan peduli akan kesehatan. Berikut sederet cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur agar sehat dan tidur lebih cantik!

1 dari 2 halaman

Cara Mengobati Dengkuran

Berhenti minum alkohol dan obat tidur. Alkohol dan obat tidur juga bisa menekan sara dan relaksasi otot leher. Zat yang terkandung pun bisa menyebabkan mendengkur. Jadi, coba untuk lebih hati-hati, ya!

Girls, ini bahaya mendengkur untuk tubuh dan cara mengatasinya! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tidur menyamping. Biasanya orang yang mendengkur karena tidur dengan posisi terlentang. Jadi jika kamu mendengkur, cobalah posisi tidur menyamping. Jangan tengkurap, ya. Karena lehermu bisa terasa sakit esok pagi,

Girls, ini bahaya mendengkur untuk tubuh dan cara mengatasinya! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Kurangi berat badan. Ya, kelebihan berat badan terutama di leher bisa bikin kamu mendengkur. Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan pada sistem pernapasan. Jadi, cobalah untuk diet. Mendapatkan badan yang indah sekaligus berhenti mendengkur, kenapa nggak?

Girls, ini bahaya mendengkur untuk tubuh dan cara mengatasinya! (Sumber Foto: ecvapour.com)

Berhenti merokok. Rokok memang bisa menjadi penyebab seseorang tidur mendengkur. Hal itu dikarenakan zat yang dikandung rokok dapat membahayakan sistem pernapasan.

Girls, ini bahaya mendengkur untuk tubuh dan cara mengatasinya! (Sumber Foto: Shuttertsock)

Berhenti minum alkohol dan obat tidur. Alkohol dan obat tidur juga bisa menejan sara dan relaksasi otot leher. Zat yang terkandung pun bisa menyebabkan mendengkur. Jadi, coba untuk lebih hati-hati, ya!

0 Komentar

Belum ada komentar