Sukses

Sex & Health

Puasa Sambil Menyusui, Aman untuk Dilakukan?

Bintang.com, Jakarta Puasa sebentar lagi. Kurang dari dua minggu, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadan puasa. Salah satu amalan dari ibadah puasa adalah tidak makan, minum, dan memasukan benda apapun ke dalam tubuh dalam waktu yang sudah ditentukan. Dengan demikian, tubuh pun akan terasa lemas dan kurang cairan.

Hal tersebut sering kali bikin ibu menyusui galau. Di satu sisi, mereka ingin puasa untuk mendapatkan pahala, namun, jika berpuasa, asupan yang diberikan ke bayi pun sangat terbatas dan berkurang dari biasanya. Dan hal tersebut akan membuat bayi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan makanan bergizi. Tapi, kalau nggak puasa, sayang banget sama momen Ramadan yang datang hanya sesaat dalam setahun meskipun bisa diganti dengan memberi makan kaum dhuafa.

Puasa saat menyusui. (Sumber foto: liputan6.com)

Menjawab kegamangan tersebut, dokter kandungan dan seorang seksolog, Boyke Dian Nugraha atau yang lebih akrab disapa dr. Boyke, angkat bicara. Dalam sebuah program tanya jawab berjatuk Boykepedia yang ditayangkan di Vidio.com, pria kelahiran Bandung, 14 Desember 1956 tersebut menyarankan untuk mengganti makanan pada kaum dhuafa. Sebab, usia 0-6 bulan merupakan usia emas bagi pertumbuhan otak. Oleh karena itu dibutuhkan gizi yang baik dari susu ibu. 

Lantas, bagaimana jika ibu menyusui tetap ingin berpuasa? dr. Boyke pun memberi saran agar puasa tetap berjalan lancar. Seperti apa? Sila simak video di bawah ini. 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Febriyani Frisca
    Author
    Febriyani Frisca
  • Febriyani Frisca
    Editor
    Febriyani Frisca