Sukses

Sex & Health

Menjaga Kebugaran Tubuh Ketika Bekerja di Kantor

Bintang.com, Jakarta Daripada berdiri tentunya kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk di kantor. Bisa jadi dari delapan jam waktu bekerja, kamu menghabiskan waktu selama tujuh jam untuk duduk di meja kerjamu. Alhasil, banyak keluhan yang kamu rasakan, salah satunya adalah sakit pinggang. Namun tak hanya berbagai macam penyakit, kelamaan duduk juga bisa bikin kamu gemuk.

Dilansir dari Boldsky, para ahli setidaknya menemukan 24 kondisi kronis yang berhubungan dengan bahaya duduk terlalu lama di tempat kerja. Ada beberapa risiko kesehatan yang akan kamu temukan kalau terlalu lama duduk, yakni kolesterol tinggi, sakit jantung, kanker, diabetes, otak berasap, sakit punggung, gangguan kaki, kerusakan saraf, dan masih banyak lagi.

Untuk menghindari dampak buruk dari kelamaan duduk sebenarnya kamu bisa melakukan tiga hal sederhana. Dilansir dari Timesofindia, inilah tiga cara sederhana untuk kamu menghindar dari efek buruk akibat kelamaan duduk saat bekerja.

1. Jangan terlalu nyaman di tempat duduk, jadi kamu nggak mau bangun dari tempat dudukmu. Ahli kebugaran Mickey Mehta menyarankan untuk kamu bangun dari tempat dudukmu, setidaknya setiap dua jam sekali. Kamu bisa berjalan selama beberapa menit atau meregangkan badan yang sudah merasa kelelahan.

Menjaga Kebugaran Tubuh Ketika Bekerja di Kantor. (Foto: independent.co.uk)

2. Kamu juga harus memikirkan kesehatan mata kamu. Duduk berjam-jam di meja kerja, itu artinya juga kamu menghabiskan waktu berjam-jam menatap komputer. Supaya mata kamu tetap sehat, sebaiknya istirahatkan mata kamu setiap 45 menit sekali. Jangan menatap laptop lagi, lihatlah ke objek-objek yang membuat mata kamu menjadi lebih fresh.

Menjaga Kebugaran Tubuh Ketika Bekerja di Kantor. (Foto: fitnessandhealthmatters.com)

3. Melakukan peregangan otot. Kebanyakan duduk membuat otot-otot kamu kaku tuh. Lakukan sedikit senam peregangan otot supaya badan kamu terasa lebih santai. Peregangan otot perut dan kepala selama beberapa menit juga akan membantu pernapasan kamu jadi normal kembali.

Menjaga Kebugaran Tubuh Ketika Bekerja di Kantor. (Foto: acutezmedia.com)

Supaya menghilangkan rasa pegal karena terlalu lama duduk kamu juga dapat melakukan beberapa gerakan atau olahraga ringan. Gerakan-gerakan yang akan membuat badan kamu tetap bugar selama di kantor ini bisa dilakukan di meja kerja kamu lho. Lebih jelasnya simak video yang telah diunggah oleh www.klikdokter.com ke Video.com ini.

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul