Sukses

Sex & Health

3 Hal yang Cewek Nggak Boleh Lakukan Ini Sebelum Tidur

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Cewek memang banyak ritualnya. Kalau mau pergi, pasti harus ini-itu dulu. Kalau mau belajar juga, ada banyak yang harus disiapkan. Bahkan sampai saat kamu mau tidur. Kamu mungkin nggak senang kalau ada orang yang bilang cewek itu ribet banget. Terlepas dari pro dan kontra ini, ternyata memang ada beberapa kegiatan yang nggak boleh kamu lakukan saat mau tidur. 

Dilansir dari Power of Positivity, apa pun yang kamu lakukan sebelum tidur ternyata berpengaruh banyak pada kualitas tidurmu. Media ini menyatakan, banyak orang Amerika Serikat yang kualitas tidurnya berkurang 35 persen gara-gara aktivitas yang mereka lakukan sebelumnya. Buat kamu yang sudah dewasa, seharunya bisa tidur selama 7 jam. Itu pun minimal, lho. 

Konsekuensinya, kualitas tidur menjadi salah satu masalah yang sebenarnya dialami hampir setiap orang. Tapi kamu mungkin nggak sadar. Soalnya, kamu sudah berpikir apa saja yang harus kamu lakukan di pagi hari. Rutinitas membuatmu nggak sadar juga kalau mungkin selama ini kamu nggak pernah memilik tidur berkualitas. 

Tidur. (Via: bicycling.com)

Kualitas tidur ternyata sangat berkaitan dengan kesehatanmu. Kamu tahu, nggak, setiap kali kamu tidur di malam hari, tubuhmu itu nggak ikut istirahat sepenuhnya. Sel-sel tubuhmu tetap bekerja. Ibaratnya jalan rusak, saat inilah sel-sel memperbaiki sel tubuh yang mati. Menggantinya denga sel-sel yang baru. Nah, kalau kamu tidurnya nggak berkualitas, tentu saja proses ini nggak maksimal. Biar kamu lebih sehat, lebih baik jangan lakukan tiga hal di bawah ini. 

1. Kamu mungkin punya jam tidur tetap. Tapi nggak semua orang seperti itu. Ternyata, jam tidur dan bangun yang nggak sama setiap hari juga memengaruhi kesehatanmu, lho. Menurut Dr. Brandon Peters dari About Health, kamu harus memilih jam tidur dan bangun tidur. Misalnya kamu harus tidur jam 11 malam, lalu bangun jam 6 pagi. Ini ideal.

Ilustrasi tidur siang di perpustakaan | via: hammacher.com

Tapi sayangnya, kamu yang sibuk dan pekerjaan yang kian menuntut membuat jam tidurmu berantakan. Kadang kamu harus tidur lebih malam. Lalu bangun lebih siang. Kadang juga sudah nggak kuat dan tidur jam 8. Lalu harus bangun lagi jam 4 pagi. Ini yang kata Brandon nggak baik. 

Bukannya apa-apa, menurutnya, tubuh kamu itu sangat tergantung dengan konsistensi. Artinya, kamu yang harusnya membiasakan tubuhmu untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari. Kalau berantakan, tubuhmu nggak bisa lagi kenal alarm alami yang bikin kamu otomatis bangun jam sekian dan ngantuk jam tertentu. 

2. Kamu mungkin sejak kecil dibiasakan untuk minum air mineral pada saat bangun tidur. Dan, kencing dulu sebelum naik ke kasur. Tapi, minum mineral sebelum tidur ternyata nggak baik, lho, girls. Soalnya, menurut media yang sama, nggak ada gunanya kamu minum banyak air pada malam hari. Karena, kamu akan merasa ingin kencing di tengah malam. Dan ini sangat mengganggu kualitas tidurmu. 

Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

3. Kirim WhatsApp, SMS, Email, atau main hape atau gadget lain di tempat tidur, sebelum kamu terlelap. Iya, ngerti, kok, kamu ingin mengucapkan "selamat malam sayang, mimpi indah ya. Jangan lupa mimpiin aku sama kamu. Kisses." Tapi aktivitas ini sangat nggak baik buat kesehatan. Soalnya, gelombang elektromagnetik yang dimiliki ponsel atau gadget kamu akan mengganggu kesehatan.

Anak-anak memiliki risiko lebih tinggi menggunakan gadget sebelum tidur ketimbang orang dewasa. (Sumber: Mirror) 

Kedua, sebuah pembicaraan bisa jadi berlangsung lama. Kamu yang harusnya tidur jam 11 malam, karena keasyikan ngobrol jadi tidur jam 2 pagi! Kamu bakal kehilangan banyak waktu buat tidur. Sementara pagi harinya mesti harus ke kampus atau kantor. Kamu yang nggak mau terlambat pasti mau nggak mau ya bangun pagi. Tapi akhirnya, kualitas tidurmu lagi-lagi terganggu. Jangan, ya, girls. 

0 Komentar

Belum ada komentar