Sukses

Sex & Health

Minum Soda Bisa Percepat Datang Bulan, Fakta atau Mitos?

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Perkara datang bulan buat cewek jadi salah satu hal terpenting. Bukan cuma tampon dan pembalut, tapi banyak hal yang harus kamu perhatikan. Siklus menstruasi ternyata punya banyak masalah yang harus kamu perhatikan. Soalnya, berkaitan dengan kesehatan sistem reproduksimu. Mulai dari indung telur, rahim, vagina, hingga serviks

Makanya, kamu harus tahu juga soal berbagai gangguan dan ketidaknormalan yang terkait dengan menstruasi. Salah satunya adalah siklus mens. Banyak cewek sangat khawatir kalau siklus menstruasinya berubah. Kalau terlalu cepat, kamu mungkin akan bertanya-tanya kenapa haidmu bulan ini datang beberapa hari lebih awal. Saat haid datang terlambat, kamu pun bertanya-tanya kenapa belum juga dapat. 

Nah, pada saat inilah, banyak banget cewek-cewek yang akhirnya melakukan segala cara untuk membuat haidnya cepat datang. Mulai dari berkonsultasi ke dokter, hingga mempercayai berbagai mitos.

Kamu mungkin pernah mendengar soal saling injak kaki. Jadi, kalau kamu belum juga dapar mens, kamu akan meminta cewek lain yang sedang mens untuk menginjak kakimu. Banyak orang percaya, setelah diinjak oleh cewek yang sedang haid, dia akan segera mengalami datang bulan dalam beberapa hari. Ada juga cewek-cewek yang berusaha untuk menyelesaikan masalah ini dengan minum soda. 

Yakin kabar yang kamu dengar soal menstruasi benar? | via: cataloguemagazine.com.au

Mereka percaya, minuman berkarbonasi bisa membuat haid datang lebih cepat. Sebagian dari mereka memang pada akhirnya dapat mens setelah beberapa hari minum minuman bersoda yang bening seperti air mineral itu. Tapi, ada juga yang nggak ngaruh sama sekali, lho! Nah, meskipun banyak yang percaya dengan hal ini, tapi ternyata belum ada bukti secara ilmiah kalau soda bisa mempercepat menstruasi. 

Meskipun begitu, beberapa artikel di media international yang menulis soal beberapa penelitian soal hal terkait, menyatakan minuman bersoda memang bisa mempercepat haid. Tapi, bukan pada saat kamu telat haid, lho! Nah, jadi apa sih, yang dimaksud dengan minuman bersoda bisa mempercepat haid? 

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Human Reproduction, Medical Daily menulis, yang dilakukan para peneliti dari Harvard School of Public Health, ditemukan fakta unik. minuman bersoda bisa mempercepat cewek dapat haid pertama. Bukan pada saat kamu telat datang bulan ya, girls. Jadi, kamu tahu, kan kalau minuman bersoda itu mengandung banyak gula, baik gula buatan maupun gula asli?

Usai minum minuman manis seperti diet soda, pastikan untuk minum air putih sesudahnya. (Foto: ABC News)

Nah, cewek-cewek di Amerika Serikat yang sering banget mengonsumsi soda sebelum dia baligh atau dapat mens pertama kali, akan dapat mens di usia yang sangat muda. Makanya, nggak heran kalau kamu mendengar temanmu haid pertama kali di usia 9-14 tahun, di mana pada umumnya cewek baru haid pada saat mereka mengenakan rok biru, bukan merah. 

Dilansir dari the Guardian, minuman apa pun, sebenarnya, yang mengandung gula dengan kadar yang tinggi, menyebabkan cewek-cewek dapat haid pertama lebih cepat dari teman-temannya. Sebuah studi menemukan cewek-cewek yang umurnya 9-14 tahun yang dapat haid lebih awal rata-rata mengonsumsi 1,5 minuman soda dengan kandungan gula yang sangat tinggi setiap hari. Jadi, minuman bersoda bukan mempercepat haid kamu yang terlambat, lho, girls. Tapi, bagaimana dengan pengalamanmu yang ternyata masalah terlambat mens bisa terpecahkan dengan soda? Ya, mungkin saja karena sugesti atau haidmu memang terlambat beberapa hari karena kondisi tubuhmu yang berubah. 

0 Komentar

Belum ada komentar