Sukses

Sex & Health

Ilmuan Ini Ubah Daun Bayam Jadi Jaringan Sel Jantung

Bintang.com, Jakarta Operasi jantung termasuk dalam operasi besar dan vital. Para dokter ahli bedah sempat kesulitan untuk mengganti jaringan jantung yang rusak. Dilansir dari The Independent, para peneliti di UK akhirnya telah menemukan cara mengubah daun bayam menjadi jaringan jantung manusia. 

Penemuan ini dilatarbelakango karena mereka merasa kesusahan untuk membuat jaringan tubuh manusia yang berukuran lebar. Mereka sebelumnya telah berhasil membuat sebuah contoh jaringan buatan yang berukuran kecil. Namun, karena terlalu kecil, sample itu sulit untuk dibuat jaringan. Apa lagi dibuat jaringan tulang dan juga organ tubuh keseluruhan. 

Karena itu, mereka kini bekerja untuk menciptakan jaringan jantung buatan dari daun bayam. Penemuan ini merupakan titik terang untuk penelitian selanjutnya, karena jaringan yang terbuat dari bayam berukuran cukup lebar dan bisa mengalirkan darah lewat serat-serat pada daun tersebut. 

Untk membuatnya, tim para peneliti ini mengambil sel tumbuhan dari daun bayam. Lalu mereka memasukkan cairan dan manik berukuran mikro melalui serat-serat pada daun tersebut. Kemudian, menyebarkan sel manusia yang digunakan untuk melapisi pembuluh darah. Penemuan ini akan dikembangkan dengan penelitian lebih lanjut, agar operasi jantung bisa dilakukan dengan lebih baik. 

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana