Sukses

Sex & Health

6 Olahraga Terbaik Saat Menstruasi

Bintang.com, Jakarta Tak lagi zaman, perempuan yang haid harus absen dari kelas olahraga di sekolah. Dulu, selama kamu mengalami menstruasi, kamu dilarang untuk melakukan aktivitas yang aktif dan banyak bergerak. Alasannya karena kamu sakit perut, pusing, dan juga merasa tak nyaman dengan daerah kewanitaanmu yang terus mengeluarkan darah kotor. 

Tapi ternyata, aktivitas yang membuatmu banyak bergerak tak perlu kamu hindari pada saat datang bulan. Bahkan, kamu harus tetap melakukan olahraga agar aliran darah lancar dan tubuhmu tetap fit. Dilansir dari Women's Health Magazine, ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan, sesuai dengan siklus mesntruasimu. 

1. Minggu pertama pada saat kamu haid, hormon estrogen dan progresteron sedang bekerja. Kamu mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah. Meskipun begitu, hal ini dikarenakan hormonmu yang sedang bekerja. Jadi, baik kamu tiduran di rumah merasakan rasa sakit, lebih baik kamu ke gym atau berolahraga di rumah. Karena olahraga yang berfokus pada bagian perut akan membuat kamu merasa sedikit lebih baik. 

Lakukan sit up

2. Minggu kedua, haidmu sudah selesai. Kamu punya banyak energi untuk melakukan aktivitas yang sangat aktif. Nah, untuk itu, kamu bisa melakukan olahraga yang berfokus pada pembentukan dan penguatan otot-otot di tubuhmu. 

Olahraga fokus pada otot | via: liputan6.com

3. Minggu ketiga, kamu memasuki masa ovulasi. Pada masa ini, kamu hormon estrogenmu berada pada tingkat tertinggi, sehingga tubuhmu menggunakan lemak yang ada di tubuh sebagai energi. Nah, hal ini membuatmu lebih mudah berolahraga. Jadi, lebih baik kamu gunakan tenaga dan semangatmu untuk menguruskan badan. Olahraga yang paling tepat adalah cardio dan fat burning. 

Enggak perlu olahraga sulit, hanya dengan tujuh latihan ini kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal.

4. Minggu keempat, kamu akan merasa sakit lagi pada kedua kaki dan perut bagian bawah. Ini tandanya kamu akan memasuki masa haid lagi. Meskipun kamu merasa sakit dan ingin tiduran di rumah, tapi para ahli mengatakan tak ada salahnya berolahraga. Olahraga yang paling tepat adalah berjalan kaki atau pilates. 

Dalam foto terbaru di akun Instagram, Nova Eliza memperlihatkan usahanya dalam membentuk tubuh lewat pilates. (Foto: Instagram nova_elz)

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Karla Farhana
    Author
    Karla Farhana
  • Karla Farhana
    Editor
    Karla Farhana