Sukses

Sex & Health

Kurang Tidur Bisa Timbulkan Penyakit Ganas Ini

Bintang.com, Jakarta Kurang tidur merupakan masalah yang biasa dihadapi oleh banyak masyarakat urban. Pekerjaan menumpuk tanpa jeda, hingga menghabiskan malam hingga pagi untuk bersenang-senang dengan teman merupakan kejadian yang biasa. Akhirnya, banyak pula yang membayar 'hutang' tidur di hari Minggu.

Namun sebaiknya kamu mulai mengurangi kebiasaan tersebut dan pula mulai menyayangi tubuh sendiri. Pasalnya, dilansir dari Glamour, sebuah penelitian yang telah dipublikasi di Neurology menemukan bahwa insomnia atau gangguan tidur lainnya meningkatkan kemungkinan terjadinya serangan stroke.

Dalam 29 studi yang sudah dilakukan telah menunjukkan bahwa gangguan tidur dan kesulitan bernapas terkait dengan penyakit stroke. Hal tersebut pun bisa membuat seseorang yang pernah terkena penyakit tersebut kembali kambuh.

"Tidur punya fungsi merestorasi otak. Kegiatan tersebut penting untuk menyimpan informasi. Hal tersebut juga terkait oleh pemulihan stroke akan lebih sulit ketika dipengaruhi oleh gangguan tidur," jelas Dirk M. Hermann, M. D kepada Reuters.

Selanjutnya Alice Doe, M.D seorang spesialis Ascension Borgess Sleep Disorders Center, kurang tidur kronis bisa dikaitkan dengan risiko kardiovaskular yanng lebih tinggi, peningkatkan peradangan dalam tubuh serta meningkatkan resistensi insulin. Ia menambahkan bahwa tidur diperlukan untuk 'membersihkan' racun pada tingkat neuronal di otak.

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Floria Zulvi
    Author
    Floria Zulvi
  • Floria Zulvi
    Editor
    Floria Zulvi