Sukses

Relationship

8 Hal yang Nggak Boleh Dikorbankan Demi Sebuah Hubungan

Bintang.com, Jakarta Mengikatkan diri pada sebuah hubungan yang komitmen, secara nggak langsung memang seperti memaksamu untuk berkompromi. Tawar menawar itu biasa, kamu perlu mengurangi dan menambah beberapa hal di dirimu agar bisa berjalan dengan harmonis ke depannya. Begitupun yang dia lakukan untuk kamu.

Nggak jarang juga, pengorbanan itu dibutuhkan. Eits, tapi jangan memicingkan mata dulu mendengar kata pengorbanan. Pengorbanan nggak terasa seberat itu kok, apalagi jika kamu melakukannya untuk pasangan tercinta. Pengorbanan nggak akan terasa seperti berkorban. Kamu akan melakukannya dengan senang hati demi melihat senyumnya mengembang.

Sayangnya, pengorbanan dalam hubungan sering disalahartikan. Nggak jarang seseorang merasa kalau dia benar-benar harus memberikan segalanya, bahkan hal yang paling berharga untuknya; kepada pasangannya.

Bukan begitu cara mempertahankan hubungan. Bukan salah satunya mengorbankan banyak hal agar yang lain bisa menikmati kenyamanan. Nggak semuua hal perlukamu korbankan, jangan sampai kamu sendiri jadi krisis identitas karena terlalu banyak berkorban.

Ini nih, delapan hal yang nggak perlu kamu korbankan dalam hubungan.

 

1 dari 9 halaman

1. Kemandirian

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Danka Peter)

Sekalipun kamu bisa mengandalkan pacarmu dalam banyak hal, biasakan untuk tetap berusaha menyelesaikannya sendiri terlebih dahulu.

2 dari 9 halaman

2. Cita-cita

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Pilihlah pasangan yang bisa memahami kamu beserta segenap cita-citamu, yang siap mendukungmu untuk mewujudkannya. Jangan yang belum apa-apa sudah membuat kamu merasa cita-citamu terlalu jauh untuk dicapai.

3 dari 9 halaman

3. Rencana besar hidupmu ke depan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/linh nguyen)

Mimpi-mimpimu itu adalah sesuatu yang membuat kamu bergairah menjalani hidup, bahkan ketika kamu merasa sedang lelah dan terpuruk. Mimpi-mimpi itu akan membuat kamu kembali bersemangat untuk bangkit dan berjalan maju. Jangan berikan itu kepada orang lain atau kamu akan kehilangan hidupmu.

4 dari 9 halaman

4. Kebersamaan dengan keluarga

Ilustrasi relationship. (Foto: loveparentingla.com)

Akan sangat jauh lebih baik kalau dia mau membaur dan berusaha menjadi bagian dari keluargamu, bukan justru membuat kamu jauh dari mereka.

5 dari 9 halaman

5. Persahabatan

Ilustrasi relationship. (Foto: Priscilla Du Preez)

Pasangan macam apa yang memaksa kamu mengorbankan persahabatanmu untuknya?

6 dari 9 halaman

6. Privasi

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Sekalipun sudah hidup berdua, privasi itu harus tetap ada. Privasi dalam hubungan itu ibarat kamar pribadi dalam sebuah rumah yang kalian tinggali bersama. Kamu tidak menguncinya, dia tahu pintu kamar itu terbuka, tapi dia nggak akan masuk tanpa seizinmu.

7 dari 9 halaman

7. Jati diri

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Misal, dari penampilan. Apa yang kamu kenakan adalah yang kamu suka, tapi dia nggak suka. Apa kamu harus mengorbankannya demi dia? Ya tentu saja nggak, dong. Kalau penampilanmu adalah representasi dari dirimu, pertahankan.

8 dari 9 halaman

8. Hobi yang kamu tekuni

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Mungkin terdengarnya sepele. "Ah, sekadar hobi", tapi melakukan apa yang kamu senangi itu memiliki manfaat luar biasa bagi keseimbangan diri. Kalau kamu meninggalkannya, cepat atau lambat akan terasa ada yang nggak seimbang dan akhirnya itu akan berdampak juga pada hubungan kalian lho.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani
  • fitriandiani
    Editor
    fitriandiani