Sukses

Relationship

8 Menyiasati Perbedaan Sifat dengan Pasangan, Biar Hubungan Awet

Bintang.com, Jakarta Naksir-naksiran bisa berlanjut jadi PDKT kalau ternyata melihat banyak kesamaan. Dari kesamaan-kesamaan yang dimiliki, PDKT itu juga bisa berlanjut jadian, atau bahkan sampai nikah. Ya, adanya kesamaan antara pasangan memang salah satu faktor penting, tapi itu bukan segalanya.

Nggak cuma kesamaan yang dibutuhkan supaya dua orang bisa bersatu dan bersama seterusnya. Sifat saling menghormati, menghargai, apresiasi, dan gestur-gestur tubuh lain yang menunjukkan adanya upaya untuk melangkah ke depan bersama. Jadi, jangan khawatir kalau saat PDKT kamu nemu banyak kesamaan, eh pas jadian malah kelihatan banyak bedanya.

Perbedaan antara kamu dan pasangan masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Perbedaan itu sama sekali bukan alasan untuk berpisah kok, asal kalian bisa menghadapinya dengan cara yang tepat. 

Alih-alih jadi alasan berpisah, perbedaan antara kamu dan pasangan yang dihadapi dengan tepat akan membuat hubungan kalian semakin kuat. Mau tahu gimana cara menghadapinya dengan tepat? Cek di bawah ini, ya!

1 dari 9 halaman

1. Jangan fokus pada perbedaan

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Fokus pada hal yang salah akan mengarahkanmu pada hal yang salah pula. Jadi, kalau kamu ingin mempertahankan hubungan dengannya, fokuslah bagaimana caranya agar kalian terus melaju.

2 dari 9 halaman

2. Cari cara untuk menyeimbangkan

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Nggak perlu menyamakan dengan sifat-sifatnya, nggak perlu juga memaksa dia menyamakan diri dengan sifat-sifatmu. Seimbangkan, itu yang harus dilakukan. Misal; dia pemarah, berarti kamu harus lebih bisa meredam marah. 

3 dari 9 halaman

3. Mau mendengar adalah koentji!

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Allef Vinicius)

Jangan mentang-mentang dia berbeda denganmu, kamu jadi mencap dia salah tanpa mendengarkan penjelasan apa-apa darinya.

4 dari 9 halaman

4. Jangan saling menyudutkan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Joyce Huis)

Bicara dan dengarkan, coba lihat sesuatu dari sudut pandang pasanganmu.

5 dari 9 halaman

5. Hargai setiap pilihan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Anca Luchit)

Dalam hal apapun, sifat saling menghargai memang penting. Termasuk dalam menghadapi perbedaan ini.

6 dari 9 halaman

6. Tunjukkan dukungan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Carly Rae Hobbins)

Meski pilihannya berbeda denganmu, cobalah tetap menunjukkan dukungan. Dia akan merasa diapresiasi, sehingga diapun akan terpacu melakukan hal yang sama untukmu.

7 dari 9 halaman

7. Pupuk komitmen

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Yana Tkachenko)

Selama komitmen itu ada, kamu pasti akan mencari berbagai cara agar hubungan kalian tetap harmonis. So, jagalah komitmen itu.

8 dari 9 halaman

8. Rayakan perbedaan itu dengan cinta

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kalau sudah cinta, apalah artinya perbedaan sifat itu? Cinta kalian pasti bisa membuat kalian mampu untuk mengerti, saling memahami, menerima sekaligus menyesuaikan diri di berbagai situasi. Hubungan yang kuat itu justru nggak tercipta dari pasangan yang punya banyak kesamaan, melainkan pasangan yang memiliki banyak perbedaan tapi tetap saling menghargai.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani
  • fitriandiani
    Editor
    fitriandiani