Sukses

Relationship

Sisi Negatif Dari Curhat ke Orang Lain Tentang Hubunganmu

Bintang.com, Jakarta Sebuah hubungan nggak akan lepas dari berbagai permasalahan, baik dari dalam maupun luar diri pasangan itu sendiri. Nggak jarang permasalahan itu bikin stres dan membuat kalut. Kalau sudah begitu, biasanya kita butuh seseorang untuk menjadi tempat mencurahkan semua perasaan yang memenuhi hati.

Memang mencurahkan masalah perasaan kepada orang yang bisa kita percaya itu akan memberi efek menenangkan. Beban yang mengganjal itu bisa hilang walau masalahnya sendiri belum terselesaikan. Namun, curhat masalah hubungan itu nggak selalu bisa memberi solusi. Bahkan curhat masalah hubungan asmara yang kita jalani ke orang lain itu punya dampak negatifnya sendiri, lho.

Mungkin kamu nggak begitu peduli soal itu, selama kamu bisa merasa lebih tenang, kamu akan cerita saja. Tapi nggak ada salahnya juga kok kalau kamu lebih berhati-hati sebelum curhat. Setidaknya, pahami apa dampak negatif dari curhat soal masalah dengan pasangan ke orang lain. 

Beberapa dampak negatif dari curhatin masalah pasangan ke orang lain itu, di antaranya seperti di bawah ini:

1. Pikiranmu akan semakin berantakan karena semakin banyaknya opini. Menyelesaikan masalah yang ada akan jadi dua kali lebih sulit karena kamu bingung merumuskannya antara pendapat pribadimu, pendapat temanmu, juga pendapat pasanganmu. Masalah yang awalnya sederhana bisa tambah rumit.

Sisi negatif curhat soal hubungan dengan pasangan ke orang lain. (Foto: unsplash.com)

2. Nggak bisa dihindari, cap ini itu pasti melayang untukmu dan pasanganmu. Kamu pasti ingin bercerita dengan orang yang mendang kamu dan pasanganmu, serta masalah kalian secara netral. Memberi solusi seperlunya, dan mendengarkan seperti yang diminta. Namun cap-cap untuk hubunganmu itu nggak bisa dihindari, kamu pun nggak bisa menyalahkan mereka kalau itu terjadi. Kalau mau aman, memang sebaiknya kamu simpan sendiri saja.

Sisi negatif curhat soal hubungan dengan pasangan ke orang lain. (Foto: pexels.com)

3. Pada akhirya masalah itu akan selesai juga sesuai dengan cara yang kamu dan dia pilih, dan kamu jadi terkesan mengabaikan nasihat yang mereka berikan. Bayangkan saja kalau ada orang curhat ke kamu, kamu dengarkan dengan seksama, kamu beri nasihat, tapi ujung-ujungnya melakukan hal-hal yang berlawanan. Rasa kesal itu pasti kesal walau hanya sedikit, kan? Nah, itu akan bikin orang yang kamu curhatin itu merasa nggak dihargai.

Curhat bisa membuat lega, tapi juga ada sisi negatifnya, terutama kalau kamu curhatin soal hubungan dengan pasangan. (Foto: unsplash.com)

Mau curhat atau memendamnya sendiri, kembali kepada pilihan masing-masing. Kalau kamu butuh curhat agar tenang, silahkan. Kalau kamu ingin memendamnya sendiri demi menghindari sisi negatifnya pun nggak masalah. Yang pasti harus kamu ingat, jangan sembarang curhat soal hubunganmu ke orang lain, setidaknya pilih lah orang yang benar-benar bisa kamu percaya, ya!

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani
  • fitriandiani
    Editor
    fitriandiani