Sukses

Relationship

Alasan Cowok Masih Takut Menikah, Tanya Pacarmu Masih Gini Nggak?

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Pernikahan memang bukan impian semua orang, tapi pernikahan merupakan mimpi banyak pasangan. Apakah kamu dan pasanganmu salah satunya?

Pernikahan adalah sebuah jalan yang panjang, baik setelah terlaksana atau saat menujunya. Cobaan pun tak henti menghadang. Pasangan yang belum menikah bisa melihat pengalaman pasangan lain yang sedang menuju pernikahan maupun sedang membina rumah tangga, tapi harus pintar memilah dan mengambil mana yang penting saja.

Tak jarang, pengalaman pernikahan orang lain membuat kita yang belum berencana ke sana, jadi meragu untuk melanjutkan langkah. Padahal setiap orang dapat memiliki kisah yang berbeda. Bagi cewek-cewek, bayangan pernikahan mungkin penuh dengan keseruan menjadi seorang istri, juga seorang ibu nantinya. Tapi bagi cowok beda lagi.

Banyak cowok yang menunda-nunda pernikahan karena mereka memiliki sebuah ketakutan di dalam dirinya. Ketakutan itu membuat mereka berpikir lebih panjang untuk memutuskan menikah.

1 dari 2 halaman

Kenapa Cowok Merasa Pernikahan itu Menakutkan?

1. Takut kehilangan kebebasan buat main sama teman-teman seperti waktu belum menikah. Ya, pernikahan memang akan membawa banyak perubahan, salah satunya perubahan aktivitas. Sebelum menikah mungkin kamu masih bisa pergi sesuka hati, meninggalkan pacarmu di rumahnya sendiri. Tapi setelah menikah tentu kamu harus meminta izin satu sama lain, dan diam di rumah saja kalau memang tak diizinkan. Nah, inilah yang ditakutkan cowok-cowok tentang pernikaha; kehilangan kebebasannya.

Alasan umum cowok-cowok belum siap memikirkan pernikahan. (Foto: unsplash.com)

2. Belum siap mengemban tanggung jawab atas diri orang lain. Saat masih pacaran memang kita belum sepenuhnya bertanggung jawab terhadap satu sama lain, berbeda seperti ketika sudah menikah. Tapi kan, sejak masih pacaran semestinya sudah belajar untuk 'bertanggung jawab' terhadap pasangan. Kalau dipikir-pikir sih, soal tanggung jawab atas diri pasangan ini nggak berbeda jauh dengan masa pacaran, kecuali kalau waktu pacaran itu cowokmu sama sekali nggak mengambil pelajaran soal tanggung jawab, ya.

Alasan umum cowok-cowok belum siap memikirkan pernikahan. (Foto: unsplash.com)

3. Ada trauma dengan pernikahan. Pengalaman di keluarganya sendiri atau pengalaman orang lain di sekitarnya itu bisa sangat mempengaruhi pola pikir dan cara pandangnya terhadap pernikahan. Kalau dia banyak melihat pengalaman tak menyenangkan, sangat mungkin itu membuat kepalanya banyak pikiran buruk yang sulit disembuhkan, sehingga baginya pernikahan itu merupakan sesuatu yang menakutkan.

Alasan umum cowok-cowok belum siap memikirkan pernikahan. (Foto: pexels.com)

Kalau pacarmu masih belum mau memikirkan soal pernikahan saat faktor-faktor lain di diri kalian sudah memenuhi syarat, coba tanya sebabnya. Apakah karena dia memiliki ketakutan seperti ini?

1 Komentar