Sukses

Viral

Mengenal Hadi Tjahjanto Calon Tunggal Panglima TNI Pilihan Jokowi

Bintang.com, Jakarta Nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto tengah menjadi salah satu orang yang paling di cari di dunia maya. Ya, nama Hadi Tjahjanto menjadi perbincangan setelah disebut sebagai calon tunggal Panglima TNI pilihan Presiden Jokowi untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018 mendatang.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi menyampaikan alasan Jokowi memilih Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI.

"Kenapa Pak Hadi yang dipilih, selain yang tadi saya sebut. Karena di UU TNI itu kan persyaratan untuk menjadi Panglima TNI, kan, pernah menjadi kepala staf? Perwira aktif, perwira tinggi aktif, atau sedang menjadi kepala staf," ujar Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/12/2017), dilansir dari laman Liputan6.

"Nah, dari syarat-syarat yang ada di dalam UU TNI itu, menurut Presiden Jokowi, yang bisa memenuhi itu salah satunya Pak Hadi Tjahjanto," lanjutnya.

Bicara soal sosok Hadi Tjahjanto, ia adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Melihat rekam jejak karier militernya, pria kelahiran Malang, 8 November 1963 ini telah menduduki bebagai jabatan militer.

Pada tahun 2010-2011ia menjadi Danlanud Adi Sumarmo Solo, kemudian menjadi Direktur Operasi dan Latihan Basarnas di tahun 2011-2013. Menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU dan Dinlanud Abdulrahman Saleh, Malang pada 2015.

Sejumlah jabatan penting pun dipegang calon Panglima TNI Hadi Tjahjanto yaitu sebagai Sekretaris Militer Presiden pada 2015-2016. Kemudian menjadi Irjen Kementerian Pertahanan di 2016-2017, serta menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara pada 2017.

Tulis Komentar (3)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti
  • Lanny Kusumastuti
    Editor
    Lanny Kusumastuti