Sukses

Viral

Mengenal Difteri, Penyakit yang Serang 95 Kota di Indonesia

Bintang.com, Jakarta Hingga November 2017 kasus difteri dilaporkan telah menyerang 95 kabupaten dan kota di 20 provinsi di Indonesia. Difteri bukanlah penyakit tenggorokan biasa, yang mana jika tak segera ditangani bisa menyebabkan kematian.

Melansir laman Liputan6, difteri adalah penyakit pada selaput lendir hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami sakit tenggorokan yang disertai demam dan tubuh yang melemah.

Selain itu, gejala lain yang akan dirasakan pendderita difteri adalah sesak nafas yang disebabkan karena saluran di tenggorokan terblokir oleh selaput tebal berwarna abu-abu. Sayangnya para penderita difteri sering tak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit menular ini, karena gejalanya yang tak disadari dan dianggap biasa saja.

Harus kamu tahu kalau penyakit difteri ini sangat berbahaya, terlebih bagi orang yang tak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kalau kamu merasakan gejala di atas, baiknya segera periksakan diri karena jika tak segera ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti kerusakan jantung dan saraf.

Lebih lanjut, penyakit difteri ini pun sangat mudah menular, di mana bakteri penyebabnya yaitu corynebacterium diphtheriae bisa menyebar lewat kontak udara, barang dan luka. Untuk mencegah penyakit ini hinggap di tubuhmu kamu bisa melakukan vaksinasi.

Tak hanya vaksinasi, untuk menghindari penyakit difteri kamu juga harusmerubah gaya hidup dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Tulis Komentar (3)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti
  • Lanny Kusumastuti
    Editor
    Lanny Kusumastuti