Sukses

Viral

Berhenti Merokok Selama 6 Bulan, Pria Ini Bisa Beli iPhone

Bintang.com, Jakarta Setiap orang pastinya sudah sangat mengerti kalau merokok itu berbahaya untuk kesehatan. Tapi sayangnya, meskipun sudah ada banyak peringatan yang terus-menerus disosialisasikan, baik itu melalui iklan di televisi atau pun di dalam bungkus rokoknya itu sendiri, namun tetap saja banyak orang yang merokok.

Berbagai alasan membuat seseorang tak bisa berhenti merokok, salah satunya adalah kecanduan. Kebanyakan orang sudah merokok sejak belasan atau puluhan tahun yang lalu, sehingga kebiasaan merokok sudah menjadi kebiasaan sehari-hari yang sulit untuk dihilangkan. Padahal selain mengganggu kesehatan, harga rokok tentunya juga cukup mahal.

Ya, bagi sebagian orang harga sebatang rokok mungkin bukanlah persoalan besar, tapi coba saja dijumlahkan berapa batang rokok yang dihisap dalam sehari lalu dikalikan selama tujuh hari atau bahkan sebulan hingga setahun. Berapa banyak uang yang dihabiskan untuk membeli rokok setiap bulannya? Jumlahnya pasti tidaklah sedikit.

Sebuah cerita inspiratif datang dari negeri tetangga Malaysia. Dilansir dari Viral4Real, seorang pria berhasil mengumpulkan banyak uang setelah berhenti merokok. Carlos Phang mengumpulkan uang yang biasanya dia gunakan untuk membeli rokok, dan hasilnya ia pun dapat membeli iPhone yang diinginkannya.

1 dari 3 halaman

Awalnya Memang Susah Menghentikan Kebiasaan Merokok

Carlos Phang, mantan perokok asal Malaysia, mengaku pernah merokok setidaknya 30 batang rokok dalam sehari. Dia terus melakukan hal itu selama 10 tahun, dan setidaknya uang yang dia habiskan untuk membeli semua batang rokok tersebut bisa digunakan untuk membeli mobil atau bahkan rumah baru.

“Selama tiga hari pertama, lender terus menetes dari hidung saya, saya tidak bisa tidur di malam hari dan saya merasa sangat lesu di tempat kerja. Plus tenggorokan saya seperti ada bulu yang terus menggelitik dan sangat menyebalkan. Tapi percayalah, itu berarti tubuh Anda sedang mengusir racun dan nantinya pun akan menjadi lebih baik,” ujar Carlon yang menjelaskan pada awalnya memang sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Untuk memotivasi orang lain supaya berhenti merokok, Phang menceritakan pengalamannya di Facebook. Dia berhenti merokok sejak enam tahun yang lalu, dan sudah benar-benar berhasil keluar dari kebiasaan yang tidak sehat tersebut. Kini, ia pun bisa lebih menghemat uangnya.

“Tapi apakah kamu yakin kalau merokok bisa menghilangkan stres atau apakah kamu yakin setelah berhenti merokok kamu jadi nggak akan merasa bosan lagi? berhentilah membohongi diri sendiri! Ini hanya kebiasaan buruk yang tidak dapat Anda kendalikan, karena Anda harus memiliki kemauan untuk berhenti dan Anda BISA melakukannya—putuskan saja bahwa Anda berhenti merokok,” tulis Phang dalam Faceboknya.

2 dari 3 halaman

Butuh Waktu 6 Bulan untuk Beli iPhone

Setelah memutuskan untuk berhenti merokok, ia berhasil menabung RM 4875 dalam 6 bulan. Dia mengatakan bahwa dia bisa menabung RM 24 ke celengannya setiap hari selama 6 bulan. Jumlah tabungannya bisa digunakan untuk membeli iPhone 8 Plus.

Carlos Phang menambahkan,”Baiklah, jika kamu sudah berpikir untuk berhenti tapi tidak benar-benar melakukannya, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Saya tidak bermaksud untuk mengutuk siapa pun, tapi apakah Anda benar-benar ingin menunggu sampai hari di mana dokter memberitahu bahwa Anda akan mati jika tidak menghentikan kebiasaan Anda tersebut?”

Dia pun mengakhiri postingannya dengan member pesan kepada orang lain untuk berhenti merokok. “Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, yang terpenting adalah Anda harus benar-benar bertekad untuk berhenti merokok.”

 

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul