Sukses

Viral

Waspada! Badai Dahlia Mengancam

Bintang.com, Jakarta Kamu yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya pasti merasa ada yang tidak biasa dengan cuaca dalam beberapa hari terakhir ini. Bukan cuma hujan, tapi juga angin kencang. Masyarakat dunia maya saat ini juga tengah ramai membahas cuaca ekstrem yang dirasakan disejumlah daerah di Indonesia, termasuk juga soal ancaman Badai Dahlia.

Hari ini, banyak netizen yang mulai berkicau dengan menggunakan tanda pagar atau hashtag #badaidahlia. “Astagfirullah dari kemarin #badaidahlia. Semoga senantiasa selamat. Amin,” tulis pemilik akun Twitter @rainha_nina, Jumat (1/12/2017). Beberapa netizen pun memberikan informasi mengenai dampak dari Badai Dahlia.

“Wilayah pesisir Lampung selatan mengalami dampak buruk akibat badai ini #badaihalia,” tulis Twitter @yodistara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika juga telah mengimbau masyarakat di Jakarta dan sekitarnya untuk mewaspadai adanya dampai Badai Tropis Dahlia di selatan Bengkulu.

Meski lokasi kelahiran Badai Tropis Dahlia cukup jauh dari wilayah Ibu Kota Jakarta. Tapi, aktivitas badai yang berada pada koordinat 8,2 Lintang Selatan dan 100,8 Bujur Timur, akan mempengaruhi cuaca di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Aktivitas Badai Tropis Dahlia dapat menimbulkan beberapa dampak, yakni terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pesisir barat Bengkul, Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Ada beberapa hal yang harus kamu waspadai dari adanya cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah di Indonesia ini seperti dilansir dari situs BMKG di bawah ini:

- Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan.

- Waspada terhadap potensi hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame/baliho tumbang/roboh serta yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil.

- Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

- Waspada peningkatan ketinggian gelombang laut yang > 2.5 meter

Badai Dahlia terlahir mulai pukul 19.00 WIB, pada Rabu, 29 November 2017. Badai tersebut lahir di saat aktivitas Badai Cempaka mulai luruh dan menjauh dari wilayah Indonesia.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul