Sukses

Viral

Liburan Aman! Jelang Maulid Nabi 2017, PT KAI Tambah Gerbong

Bintang.com, Jakarta Maulid Nabi 2017 jatuh pada Jumat (1/12). Itu artinya, bukan hanya peringatan keagaaman saja yang besok diperingati oleh umat Islam, melainkan juga long weekend bagi banyak orang. Melihat fenomena long weekend tersebut, dikutip dari Antara News, PT Kereta Api Indonesia menambahkan sejumlah gerbong untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Penambahan gerbong dilakukan untuk memaksimalkan kapasitas angkut penumpang terutama saat balik dari kampung halamannya di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pascaliburan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko di Purwokerto, Kamis dini hari, dikutip dari Antara News.

Menurut Ixfan, posisi Daop 5 sangat strategis. Hal ini dikarenakan Stasiun Purwokerto berada di tengah lintasan. Jadi, ketika warga yang tinggal di Jakarta hendak pulang ke Purwokerto dan sekitarnya bisa menggunakan KA tujuan Yogyakarta, Solo, atau Surabaya dan banyak pilihan.

Peta jalur kereta api Jawa yang terpampang di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). Memasuki libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan 11 Kereta Api (KA) tambahan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Selain itu, penambahan gerbong juga didasari oleh calon penumpang dari wilayah Purwokerto dan sekitarnya yang ingin kembali ke Jakarta sering kali kehabisan tiket karena telah habis terjual di Daop awal keberangkatan KA.

Penambah gerbong tersebut dilakukan pada tiga rangkaian KA, yakni KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir, KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Pasarsenen, dan KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarangtawang. Lebih lanjut, KA Purwojaya yang biasanya membawa delapan gerbong kereta kelas eksekutif akan ditambah menjadi sembilan kereta kelas eksekutif. Sedangkan untuk KA Kutojaya Utara yang awalnya membawa delapan gerbong kelas ekonomi menjadi sembilan kereta kelas ekonomi, dan untuk KA Kamandaka yang biasa terdiri dari tujuh gerbong kelas ekonomi akan ditambah satu kereta eksekutif.

Sejumlah penumpang menunggu kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 11 KA tambahan tujuan Solo, Bandung, dan Cirebon yang dimulai pada 29 November hingga 4 Desember 2017. (Liputan6.com/JohanTallo)

"Penambahan gerbong atau kereta untuk KA Purwojaya akan dilakukan pada tanggal 2-3 Desember, KA Kutojaya pada tanggal 3-9 Desember, dan KA Kamandaka pada tanggal 1-11 Desember 2017. Penambahan gerbong sudah menjadi suatu keharusan untuk diupayakan agar pelanggan dari wilayah Daop 5 bisa tertampung," imbuhnya.

Penambahan gerbong kereta juga terjadi di Daerah Operasional 1 Jakarta. Dikutip dari Liputan6.com, Daop 1 Jakarta menambahkan 11 kereta api tambahan menuju Bandung, Solo, dan Cirebon yang dimulai pada 29 November hingga 4 Desember 2017 mendatang. So, buat kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan tujuan-tujuan tersebut, kamu nggak perlu khawatir kehabisan tiket. Selamat memperingati Maulid Nabi 2017 dan happy holiday!

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Febriyani Frisca
    Author
    Febriyani Frisca
  • Febriyani Frisca
    Editor
    Febriyani Frisca