Sukses

Viral

Editor Says: Apa Hubungannya Musim Hujan dengan Kegemukan?

Bintang.com, Jakarta Kalau hujan bawaanya itu pengin makan terus, makan bakso, mie rebus pakai telur atau makanan berkuah lainnya. Kalimat yang satu itu pastinya sering banget kamu dengar atau bahkan kamu sendiri juga pernah, bahkan sering mengatakannya saat musim hujan tiba. Ya, semua orang mungkin sependapat kalau saat musim hujan yang bikin nyaman itu bukan cuma bantal dan kasur, tapi juga makanan dan minuman serba hangat atau pun dingin. Yup, yang penting rasa lapar atau pun ingin ngemil terpenuhi.

Jadi, nggak heran sebenarnya kalau banyak orang yang merasa lebih gemukan ketika musim hujan. Nah, buat para cewek sepertinya ini adalah hal yang paling susah dihindari. Hmmm, bahasan musim hujan yang bikin orang nambah gemuk ini mungkin nggak penting—buat para cowok, tapi kalau cewek sih tentunya ini penting banget, se-penting informasi tentang cara ngurusin badan di musim hujan.

Hahahaha, kali ini kita nggak akan membahas soal sesuatu yang bikin kurus, diet-dietan atau sebagagainya karena yang harus dahulu diketahui adalah soal musim hujan yang faktanya memang bikin banyak orang lebih gemuk ini. Karena kalau ngomongin badan langsing atau sebagainya, jawabannya pun sebenarnya kamu juga sudah tahu, kan? Olahraga, makan-makanan yang sehat. Itulah hokum yang sudah pasti untuk kamu-kamu yang ingin memiliki berad badan ideal. Gaya hidup sehat nggak bisa ditawar-tawar lagi.

Lalu apa hubungannya kegemukan dengan musim hujan? Dilansir dari Fitbie, ahli endokrinologi dari Universitas Birmingham, Jeremy Tomlinson menjelaskan bahwa selama musim hujan tubuh kita akan memproduksi hormon melatonin yang umumnya dipicu suasana mendung dan gelap. Hormone tersebutlah yang membuat kamu merasa jadi lebih sering mengantuk dan juga merasa ingin makan setiap saat.

1 dari 2 halaman

Musim Hujan Memang Bikin Badan Lebih Gemuk

Selain penjelasan di atas, beberapa alasan lain mengapa pada musim hujan seseorang akan lebih gemuk adalah menggunakan pakaian yang berukuran besar. Hmmm, gara-gara pakaian yang kebesaran kamu jadi nggak bisa mengontrol porsi makan. Ya, biasanya seseorang akan menggunakan pakaian yang berukuran besar dan tebal untuk menghangatkan tubuh. Tapi, ternyata dari situlah satu masalah muncul.

Kamu akan merasa baik-baik saja ketika makan apapun lantaran baju yang digunakan tidak sempit. Hmmm, coba deh kalau kamu menggunakan pakaian dengan ukuran normal. Jangan kaget rasanya pasti nggak enak, apalagi kalau sudah seharian makan nggak berhenti-berhenti. Siapa yang saat hujan, jadi malas olahraga? Nah, ini juga bisa menjadi masalah. Jangan pernah menyalahkan hujan, olahraga kan bisa dilakukan di rumah, nggak perlu pergi ke tempat fitnes atau pun lari-lari muterin taman.

Pertanyaannya adalah memangnya kalau nggak musim hujan kamu jadi lebih rajin olahraga? Ckckck, olahraga atau pun diet itu yang penting niat. Hahaha, itulah yang susah untuk dilakukan karena sekadar niat aja nggak cukup, apalagi kalau niatnya cuma setengah-setengah, nggak sepenuh hati, semuanya nggak akan berjalan lancar. Serius deh, niatin hati untuk olahraga, entah pagi atau malam itu memang susah banget!

Jadi, siapa yang musim hujan kali ini merasa badannya jadi lebih gemukan, angkat tangannya? Sebelum terlambat, kita sama-sama atur pola makan yuk… Kalau olaharaga sendirian itu nggak enak, maka tentunya akan lebih asyik kalau kamu mengajak teman-teman kamu. Perlu diketahui bahwa penelitian dari New England Journal of Medicine menemukan 57% orang cenderung menjadi gemuk jika memiliki teman yang gemuk.

Dan 37% lebih juga mengatakan hal yang sama jika pasannya memiliki tubuh yang gemuk. Nah, itu artinya mulai sekarang kamu dan teman kamu atau bahkan pacar kamu jangan lagi deh tuh ribet-ribet ngajak makan di mana, tapi olahraga di mana. Yup, hidup sehat bareng-bareng tentunya lebih asyik dibandingkan ngumpul bareng terus makan mecin bareng-bareng. Hmmm, enak sih, tapi kan nggak sehat. Yuk, kita hidup sehat bareng-bareng… (motivasi untuk diri sendiri karena sesungguhnya itu sulit untuk dilakukan)

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul