Sukses

Viral

Cara Ampuh Jauhkan Diri dari Konten Negatif di Media Sosial

Bintang.com, Jakarta Seperti yang kita tahu bahwa ada begitu banyak berita hoax disekitar kita. Dampak yang ditimbulkan pun beragam, mulai dari menimbulkan perselisihan hingga permusuhan antar suku dan agama. Hal itu memang sangat mengerikan, apalagi kalau kamu sampai langsung mengalaminya sendiri. Lalu bagaimana ya agar bisa terhindar dari berbagai konten negatif di media sosial?

Mau tahu caranya? Caranya adalah dengan membawa nilai dan norma yang berlaku di masyarakat nyata ke dunia digital, seperti yang dikatakan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan. (Daniel Kampua/Bintang.com)

"Gampang, nilai-nilai yang sudah kita tanamkan di kehidupan kitai, nilai-nilai, norma-norma buya, itu dibawa aja ke dunia cyber. Apakah kita kalau ketemu orang maki-maki? Walaupun nggak suka kita punya cara, kita kan bangsa yang berbudaya," katanya. 

Selain membawa nilai dan norma budaya, kita pun bisa terhindar dari berbagai hal negatif di dunia cyber dengan mengendalikan diri dan tidak membuka hingga menyebarkan hal-hal negatif.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan. (Daniel Kampua/Bintang.com)

"Kita di sini juga harus mulai dewasa karena kita tidak bisa mengendalikan apa yang orang lain akan tuliskan, akan posting, akan apapun, tapi kita bisa mengendalikan (dengan) tidak membukanya, tidak membacanya, tidak mem-sharing-nya, tidak me-like-nya. Itu harunya kita sudah punya kendali di diri kita," saran Semuel.

Jadi sekarang kamu tahu ya bagaimana cara untuk menghindari konten-konten negatif di media sosial. Jangan sampai kamu terjerumus dan terjebak dengan berbagai konten negatif yang bisa merugikanmu.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti
  • Lanny Kusumastuti
    Editor
    Lanny Kusumastuti