Sukses

Viral

Meski Dihapus, Ternyata Postingan di Medsos Tak Hilang Permanen

Bintang.com, Jakarta Siapa bilang postingan di media sosial yang sudah kamu hapus dari timeline mu bisa benar-benar hilang? Ternyata nggak lho! Ya, meski kamu telah menghapusnya namun jejak dari postingan yang kamu hapus akan tetap ada.

"Perlu kesadaran baru di dunia cyber, bahwa apa yang kita tulis itu tidak pernah bisa terhapus, apa yang kita perbuat di dunia cyber itu selalu meninggalkan jejak dan bisa dicari," ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan, di SCTV Tower, Senin (13/11/2017).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan. (Daniel Kampua/Bintang.com)

Nah maka itu mulai sekarang kamu harus hati-hati saat mengunggah apapun di media sosial, jangan sampai postingan itu bikin kamu susah di masa depan. Lebih lanjut Semuel mengatak bahwa media sosial bisa menjadi tolak ukur dalam menilai seseorang.

"Saat melamar pekerjaan memang ditanya CV-nya? Kompetensi bisa ada yang nge-tes, tapi prilaku kita ngeceknya dari mana? dari apa yang kita lakukan di dunia cyber, ada mesin yang bisa menganalisa orang ini bagaimana," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa media sosial itu seperti buku harian yang tak bisa benar-benar bisa dihapus dan bisa dibaca anak-cucu kita.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan. (Daniel Kampua/Bintang.com)

"Jadi memang nggak bisa dihapus. Kalau memang kita sadar namanya sosial media itu adalah buku harian kita yang akan tetap ada seumur-umur walaupun kita sudah nggak ada yang artinya akan dibaca cucu-cucu kita, apakah kita akan menuliskan hal- hal negatif?" lanjutnya.

Jadi gimana? kamu masih mau menulis dan menyebarkan hal-hal negatif di media sosial yang bisa menimbulkan dampak buruk di masa depan? 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Lanny Kusumastuti
    Author
    Lanny Kusumastuti
  • Lanny Kusumastuti
    Editor
    Lanny Kusumastuti