Sukses

Viral

Bukannya Cantik, Hal Mengerikan Ini Terjadi Usai Pakai Henna

Bintang.com, Jakarta Beberapa hari belakangan ini masyarakat di dunia maya dibuat takut dengan viralnya foto-foto yang memperlihatkan tangan menggelembung atau melepuh setelah menggunakan Henna. Dilansir dari Viral4real, Sabtu (26/8/2017) seorang bocah mengalami lecet sekujur lengannya setelah menggunakan pewarna Henna untuk tato temporer di lengannya.

Madison, 7 tahun tak berhenti menangis merasakan perih di tangannya. Dalam foto terlihat luka di tangan Madison membentuk bunga. Orangtua Madison, Martin mengaku bersalah atas apa yang terjadi dengan putri tercintanya, namun meskipun begitu ia juga menganggap pihak salon bersalah lantaran menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk anak-anak.

"Tato itu dilakukan di salon hotel dan mereka mengklaim itu bukan `pacar`. Dia memiliki lecet dari jarinya ke siku dan sangat kesakitan. Kami sama sekali tidak sadar akan bahaya dan saya pikir mereka harus memperingatkan hal ini di dalam brosur," ungkap Martin dilansir dari Viral4real.

Dan faktanya, kasus yang terjadi pada Madison bukanlah yang pertama kali. Lalu seberapa bahayanyakah Henna? Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology mengatakan Henna alami dari tumbuhan memang tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah Henna yang berwarna hitam yang biasanya lebih cepat kering dan tahan lama.

Bukannya Cantik, Hal Mengerikan Ini Terjadi Usai Pakai Henna. (Foto: Viral4real)

Dilansir dari Dailymail.co.uk, dr. Linda Katz, Director of Food & Drugs Administration’s Office of Cosmetics & Colors mengatakan Henna akan sangat berbahaya jika dicampur dengan Phenylenediamine yang merupakan bahan dasar pembuatan cat rambut. PPD dicampurkan dengan tujuan agar warna yang dihasilkan terlihat lebih hitam dan tahan lama, walaupun sebenarnya efeknya tidak baik untuk kulit.

Bukannya Cantik, Hal Mengerikan Ini Terjadi Usai Pakai Henna. (Foto: Viral4real)

Jadi, buat kamu yang ingin menggunakan Henna sebaiknya pilih yang alami. Memang agak sulit membedakan mana Henna yang alami dan mana yang sudah tercemar dengan bahan kimia. Namun seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Henna yang aman seharusnya tidak tahan lama dan warnanya tidak hitam pekat.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul