Sukses

Viral

5 Kutipan Jenderal Sudirman untuk Bakar Semangat HUT RI Ke-72

Bintang.com, Jakarta Di HUT RI Ke-72, kamu pasti saat ini tengah bersuka cita. Entah dengan menjadi panitia lomba 17an di RT setempat, memanfaatkan waktu libur dengan keluarga atau orang terkasih, dan lain sebagainya. Sedikit menilik sejarah, masih ingatkah kamu dengan Jenderal Sudirman?

Jangan sampai hanya diingat sebagai nama jalan protokol di Ibu Kota ya! Jenderal Sudirman adalah pemimpin perang gerilya saat Indonesia melawan tentara Belanda pada Desember 1948 hingga Juli 1949.

Sebagai pemimpin pasukan perang, Jenderal Sudirman saat itu ditandu oleh para tentaranya. Hal ersebut dikarenakan kondisinya yang tidak sehat. Kendati demikian, semangat juangnya selalu membuat masyarakat Indonesia terkagum-kagum. Bukan hanya itu, banyak sekali kalimat Jenderal Sudirman yang bikin merinding, lho! Yuk, disimak!

Kobarkan semangat HUT RI Ke-72 dengan menyimak 5 kutipan Jenderal Sudirman ini. (Sumber Foto: kaskus.co.id)

"Karena kewajiban kamulah untuk tetap pada pendirian semula, mempertahankan dan mengorbankan jiwa untuk kedaulatan negara dan bangsa kita seluruhnya"

"Pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita. Jangan sampai TNI dikuasai oleh partai politik manapun juga. Ingatlah, bahwa prajurit kita bukan prajurit sewaan, bukan prajurit yang mudah dibelokkan haluannya. Kita masuk dalam tentara, karena keinsyafan jiwa dan sedia berkorban bagi bangsa dan negara"

"Kemerdekaan satu negara, yang didirikan diatas timbunan runtuhan ribuan jiwa-harta-benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia siapapun juga"

Kobarkan semangat HUT RI Ke-72 dengan menyimak 5 kutipan Jenderal Sudirman ini. (Sumber Foto: kaskus.co.id)

"Pertahankan kemerdekaannya sebulat-bulatnya. Sejengkal tanah pun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tetapi akan kita pertahankan habis-habisan. Meskipun kita tidak gentar akan gertakan lawan itu, tetapi kita pun harus selalu siap sedia"

"Meskipun kamu mendapat latihan jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika kamu mempunyai sifat menyerah! Kepandaian yang bagaimanapun tingginya, tidak ada gunanya jika orang itu mempunyai sifat menyerah! Tentara akan hidup sampai akhir jaman, tentara akan timbul dan tenggelam bersama negara!"

Kobarkan semangat HUT RI Ke-72 dengan menyimak 5 kutipan Jenderal Sudirman ini. (Sumber Foto: kaskus.co.id)

Di HUT RI Ke-72 ini, ada baiknya kita kembali mengobarkan semangat juang dan cinta tanah air usai menyimak 5 kutipan Jenderal Sudirman yang bikin merinding. Selamat hari kemerdekaan dan ulang tahun, Indonesia tercinta!

Tulis Komentar (2)

Kredit

  • Floria Zulvi
    Author
    Floria Zulvi
  • Floria Zulvi
    Editor
    Floria Zulvi