Sukses

Viral

Selamat Hari Pramuka! Kamu Sudah Tahu Sejarahnya?

Bintang.com, Jakarta Selamat Hari Pramuka! Hari ini, 14 Agustus 2017, gerakan Pramuka Nasional memperingati hari jadinya yang ke-56. Kamu masih aktif dalam kegiatan Pramuka, nggak? Atau dulu pernah jadi anak Pramuka? Kira-kira, masih ingat nggak sih sejarah lahirnya Pramuka ini seperti apa?

Sebagai pengingat, Pramuka itu merupakan akronim dari Praja Muda Karana. Bukan sekadar gerakan biasa, Pramuka ini turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa Indonesia, lho! Bahkan, Pramuka adalah salah satu organisasi yang memelopori berdirinya pergerakan nasional.

Mengutip dari situs resmi gerakan Pramuka, lahirnya gerakan kepramukaan ini nggak terlepas dari riwayat hidup pendirinya, Baden Powell. Pengalaman hidupnya yang pernah menjadi pembantu Letnan, pernah terkepung di Afrika selama 127 hari dan kekurangan makan, sampai pengalamannya mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika benar-benar membentuk kepribadiannya. Pengalaman itu ditulis Powell dalam sebuah buku berjudul Aids to Scouting, yang kemudian menyebar dengan cepat di Inggris, hingga akhirnya berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki degan nama Boys Scout.

Perayaan Hari Pramuka ke-56 di Cibubur. (Foto: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Pada 1912, organisasi kepramukaan itu dikembangkan dan terbuka untuk perempuan. Tahun 1918, Powell membentuk Rover Scout untuk mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1920, Jambore Dunia pertama terselenggara di Olympia Hall, London, dan dihadiri oleh gerakan Pramuka dari 27 negara. Pada kesempatan itu, Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia.

Presiden Jokowi jadi Inspektur Upacara di perayaan Hari Pramuka ke-56 di Cibubur. (Foto: Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di Indonesia sendiri, pascaterbitnya Scouting for Boy, organisasi kepanduan tumbuh semakin banyak jumlah dan ragamnya, bahkan di antaranya berafiliasi pada partai politik. Karena itulah Presiden Soekarno menyatakan pembubaran organisasi kepanduan di Indonesia dan meleburnya ke dalam suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan yang tunggal yang bernama Gerakan Pramuka, melalui Keppres Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961. Namun, Gerakan Pramuka baru resmi diperkenalkan kepada khalayak tanggal 14 Agustus 1961. Hingga kini, di tanggal itulah hari lahir Pramuka diperingati setiap tahunnya.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • fitriandiani
    Author
    fitriandiani
  • fitriandiani
    Editor
    fitriandiani