Sukses

Viral

Ketemu Kasus Seperti Jalan Dewi Persik, Lapor ke Sini Ya

Bintang.com, Jakarta Masyarakat di dunia maya dihebohkan dengan kemunculan nama Jalan Dewi Persik di aplikasi Google Maps. Di mana kah kira-kira jalan yang menggunakan nama penyanyi dangdut tersebut? Ternyata Google Maps menunjukan sebuah jalan yang ada di Bekasi. Dan seharusnya nama jalan tersebut adalah Jalan Dewi Sartika.

Mengetahui hal tersebut banyak warga yang protes lantaran nama jalan tersebut digunakan untuk mengenang jasa-jasa salah satu pahlawan Indonesia, yakni Dewi Sartika. Masyarakat mengaku kecewa dengan perubahan nama tersebut. "Pertama, ini nama pahlawan dan yang kedua ini kan soal integritas kota. Makanya karena ini dalam kewenangan Google sehingga kita akan klarifikasi dulu dan mengajukan keberatan ke pihak Google," jelas Kepala Diskominfotasandi Kota Bekasi Titi Masrifahati, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (9/8/2017).

Sementara itu, kepada Tekno Liputan6.com, Google Indonesia telah memberikan keterangan resminya mengenai Jalan Dewi Sartika yang berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik. "Google Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Tim kami telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki isu ini," tulis Google Indonesia dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com, Senin (7/8/2017).

Pihak Google juga menjelaskan, kumpulan data yang ada di Google Maps sebetulnya berasal dari berbagai sumber. Dari basemap Google, seperti nama tempat dan nama jalan, adalah kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik, dan kontribusi pengguna.

Jalan Dewi Persik di Kota Bekasi. (Liputan6.com/Corry Anestia)

"Secara keseluruhan ini memberikan kami data yang komprehensif dan up-to-date. Namun, kami sadar adanya kemungkinan munculnya informasi yang keliru dari sumber-sumber ini. Kami memperbarui data secara reguler, akan tetapi waktu yang dibutuhkan bervariasi. Inilah mengapa kami mempunyai tool yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mempercepat proses," lanjut Google.

Bagi kamu yang menemukan keanehan dalam Google Maps seperti kasus Jalan Dewi Persik tersebut, maka kamu bisa langsung melaporkannya ke Google. Caranya, buka Google maps, pilih lokasi yang ingin dilaporkan, lalu klik kanan di lokasi tersebut, jika sudah muncul “Report a Data Problem” kamu bisa melaporkan berbagai hal, mulai dari nama jalan yang tak sesuai hingga jalan yang memang sudah tidak ada.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul