Sukses

Viral

Puasa Ramadan 1438 H 2017 Dimulai Esok Hari

Bintang.com, Jakarta Puasa Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017. "Malam ini sudah memasuki 1 Ramadan, dan besok seluruh umat yang menjalankan sudah bisa mengawali 1 Ramadan tahun ini," kata Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama.

Terkumpul 84 titik yang sudah mengirimkan hasil hilalnya. Ketinggian hilal yang terpantau mencapai ketinggian 8,51 derajat, jarak busur bulan matahari 8,73 derajat, dan umur hilal pun mencapai 14 jam, 17 menit, 32 detik.

Meskipun sempat terhalang awan mendung di berbagai titik daerah, para pencari hilal sempat kesulitan melihat adanya hilal, sampai matahari terbenam pun hilal belum juga terlihat. Dengan bantuan teleskop, pemantauan hilal dilakukan sejak beberapa menit lalu saat matahari tenggelam.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin jalannya Sidang Isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (26/5). (Liputan6.com/JohanTallo)

Untuk menentukan 1 Ramadan sebenarnya ada dua cara, yang pertama hisab, yaitu dengan melakukan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan dimulainya awal bulan. Lalu yang kedua, dengan cara rukyat, yaitu menentukan awal bulan dengan cara melihat hilal. 

Suasana Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang digelar di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (26/5). (Liputan6.com/JohanTallo)

Bagi para umat muslim, pastinya sangat bergembira bisa bertemu dan menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini. Semoga ibadan puasa Ramadan tahun ini bisa berjalan lancar dan ikhlas.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Ega Maharni
    Author
    Ega Maharni
  • Ega Maharni
    Editor
    Ega Maharni