Sukses

Feed

Kisah Hidup Abil, Bocah SD yang Jualan Sampai Ketiduran

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Kalau beberapa hari lalu kamu yang aktif di sosial media melihat foto bocah SD yang tengah berjualan snack tertidur pulas di pinggir jalan, maka inilah kisah hidupnya. Pemilik akun Facebook Bayu Gawtama menceritakan pertemuannya dengan Abil, ya, nama bocah berseragam pramuka yang tidur bersama dengan dagangannya tersebut adalah Abil, umurnya sudah 13 tahun.

Diceritakan oleh Bayu bahwa ayah Abil adalah seorang pedagang cilor (aci pakai telor), pendapatan terrbesarnya adalah Rp50 ribu per hari. “Karena kesulitan ekonomi dua kakak Abil putus seklah. Kakak pertama putus sekolah, kakak kedua Cuma sampai kelas 3 SMP, terpaksa keluar karena tiga tahun nggak bayaran sekolah,” tulis Bayu Gawtama dalam postingannya di Facebook, Minggu (19/3/2017).

Masalah ekonomi juga menjadi salah satu alasan mengapa di usianya yang sudah menginjak 13 tahun, Abil masih duduk di kelas 4 SD. “Kan di Bandung sekolahnya sempat pindah-pindah juga, sudah mau naik kelas, pindah,” cerita Abil kepada Bayu Gawtama dalam video wawancara singkat yang diunggah oleh Bayu ke Facebooknya.
Keinginan Abil untuk bersekolah dan tidak ingin merepotkan orangtuanya memang sangat besar.

Kepada Bayu, Abil sempat menceritakan kisah di balik fotonya yang telah menjadi viral tersebut. Abil menjelaskan bahwa ia berjualan snack atau cemilan ringan usai pramuka dan belajar kelompok bersama teman-temannya, sehingga ia pun merasa sangat lelah hingga akhirnya tertidur pulas.

Inilah cerita kehidupan Abil, bocah SD yang foto-fotonya sempat menjadi viral dan membuat siapapun yang melihatnya terenyuh. (Foto: Facebook)

“Waktu tim SDR Sekolah Relawan ke rumahnya, ternyata mereka belum makan. So, salah satu relawan pergi beli makanan. Sambil makan, tim terus menggali info terkait keluarga ini,” tulis Bayu. Ya, itulah salah satu alasan mengapa Abil masih harus berjualan setelah pulang sekolah. “Uangnya (hasil jualan) untuk jajan. Bapak dulu ngasih (uang jajan) tapi sekarang sudah tidak lagi.”

Abil kini tinggal di sebuah rumah kontrakan sederhana, namun entah berapa lama lagi ia akan tinggal di sana. “Mereka tinggal di rumah kontrakan, baru tiga bulan di kontrakan yang sekarang, tapi sudah nunggak dari awal ngontrak. Katanya sih kalau minggu depan nggak bayar, bakal diusir,” cerita Bayu.

Kisah hidup bocah SD berseragam pramuka yang harus berjualan usai sekolah itu pun mendapatkan perhatian dari netizen. “Semoga bisa terus sekolah ya de. Kelak nanti semoga jadi rang yang sukses agar sesuai dengan perjuangannya. Apresiasi banget sama anak seumuran kamu yang begitu hebat jalani hidup,” tulis komentar pemilk akun Facebook Diksie Defrizky.

4 Komentar

  • Al - Bhona

    Tetap Semangat yah Nak. Om dulu waktu kecil smp sambil sekolah sambil nyanyi-2 dr panggung ke panggung. semoga Kamu sukses. Amin !!!

  • Beno Blendezt

    kayak aku dlu ini.. cuma aku ptus sekolah smp mau ke sma gk ad modal.. semangat dek..

  • Ri Ya

    Abil,, Tetep semangat yah kamu penerang keluargamu , semoga kamu tetap dalam lindungan allah, dan menjadi inspirasi bagi orang2