Sukses

Viral

Menyingkap Pesona Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Bintang.com, Jakarta Jika kamu ingin berkunjung ke Kawah Putih dapat melalui jalan raya Soerang-Ciwidey atau dekat dengan objek wisata Situ Patenggang. Suhu udara rata-rata di kawasan sekitar Kawah Putih cenderung sejuk hingga dingin namun sangat segar karena terletak di ketinggian 2400 meter diatas permukaan laut. Oleh karena itu sediakan jaket tebal sebelum pergi ke kawah putih Ciwidey.

Sesuai dengan namanya “Kawah Putih” merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke 10 silam dengan air yang berwarna putih sehingga sangat indah untuk anda saksikan. Dulu warga sekitar menganggap Gunung Patuha sangat angker karena banyak ditemukan burung mati didekat puncak gunung hingga akhirnya pada tahun 1837, seorang Jerman yang bernama Dr Franz Wilhelm melakukan penelitian dan menemukan Kawah Putih.

Ketika pertama kali ke objek wisata Kawah Putih Ciwidey, maka kamu akan merasa berada di dunia dongeng karena panorama alam yang sangat Indah, sebuah kawah yang sebagian besar berwarna putih dengan air berwarna kehijauan ditambah bukit yang mengelilingi serta ranting pohon mati sangat unik dan mungkin tidak akan kamu jumpai tempat serupa di seluruh Indonesia.

Ciwidey merupakan daerah yang ada di kawasan kabupaten Bandung Selatan

Pemandangan alam Kawah Putih seperti musim dingin di negara empat musim sehingga kerap dijadikan lokasi pemotretan foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah. Sekitar tahun 1970an, akses untuk menuju kesana sangat sulit karena medan pengunungan ditambah lagi belum dibangunnya berbagai fasilitas membuat keindahan Kawah Putih jarang ter-ekspose.

Hingga akhirnya pada tahun 1987, pemerintah setempat membangun berbagai fasilitas sehingga membuka akses bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Ketika berkunjung ke kawah putih kamu tidak perlu repot membawa bekal karena disekitar lokasi objek wisata sudah tersedia restoran, warung makan, mushola hingga toilet serta berbagai fasilitas lainnya.

Objek wisata Kawah Putih terbuka untuk umum dan buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 17 sore dengan biaya masuk hanya sebesar 15 ribu per orang, sangat murah bukan. Kamu bisa sepuasnya berfoto bersama pasangan ataupun teman disekitar kawah. Karena Gunung Patuha masih berstatus berapi sehingga setiap pengunjung tidak disarankan terlalu lama didalam kawah karena kadar belerang yang begitu tinggi sehingga dapat menganggu pernafasan, jadi bawa masker apabila diperlukan.

Sebagai gantinya kamu dapat mendaki perbukitan disekitar kawah, menghirup udara segar dan menikmati pemandangan kawah dari atas bukit yang merupakan puncak Gunung Patuha. Mungkin cukup sekian informasi tentang keindahan objek wisata Kawah Putih, jadi apabila kamu berniat berkunjung ke Bandung dalam waktu dekat maka dapat singgah sejenak untuk menyaksikan pesona keindahan kawah putih Ciwidey. (M. Sufyan)

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul